Connect with us

Infrastruktur

Mahathir Mohamad: Pembangunan di Malaysia Tertinggal dari Indonesia

Published

on

Mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad,

Mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, menyatakan negaranya kini tertinggal dari Indonesia dalam hal pembangunan.

Mahathir Mohamad menyatakan hal itu melalui akun Twitter-nya. Dia bahkan mengaku syok karena pembangunan di Malaysia juga tertinggal dari beberapa negara di Afrika.

“Saya siap menerima bahwa, di bidang pembangunan, Malaysia tertinggal dengan Indonesia dan Vietnam akhir-akhir ini. Tentu saja kita terus berada di belakang Singapura,” ujarnya.

Baca Juga:

  1. Memburu Bunga di Pasar Bunga Rawa Belong
  2. Mengintip Pasar Senen, Surganya Pakaian Vintage di Jakarta
  3. Pernik Klenik di Kampung Pasar Akik

Padahal teknologi itu mencapai efisiensi dan membatasi korupsi. Malaysia, kata Mahathir, menolak teknologi karena dapat mengungkap perbuatan salah anggota parlemennya.

“Saya diberi tahu bahwa jika kita mengadopsi teknologi baru, ini akan ada protes keras dari anggota DPR. Tampaknya banyak dari mereka yang terlibat dalam bisnis ekspor dan impor,” ucap Mahathir.

Walhasil, Malaysia terus merugi lantaran tak menggunakan tata cara pengelolaan pembangunan yang lebih baik. Sementara itu di Afrika, negara tersebut malah bisa menghemat miliaran dolar karena manajemen yang baik.

Mahathir pun menyindir Malaysia seharusnya tidak perlu merasa malu lantaran disalip oleh negara-negara di Afrika.

“Bukankah kita telah diberitahu bahwa mencuri uang pemerintah bukanlah sesuatu yang kita harus merasa malu. Jika bos kita melakukannya (korupsi), tidak apa-apa,” ucap dia.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Infrastruktur

Mau Mudik Sambil Healing? Perkenalkan Jalur Pansela yang Jadi Pesaing Pantura

Published

on

By

Jalur Pansela

Diadakannya kembali mudik Lebaran pada tahun ini disambut meriah oleh masyarakat. Demi mendukung kelancaran arus mudik, pemerintah telah menyiapkan sejumlah jalur, mulai dari jalan tol dan jalan non-tol.

Salah satu jalur alternatif mudik tahun ini yang disarankan adalah Jalan Lintas Pantai Selatan (Pansela) Jawa.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mempromosikan lintas Pantai Selatan atau Pansela Jawa sebagai jalur alternatif mudik Lebaran 2022. Jalur mudik ini melengkapi ruas Pantai Utara (Pantura) dan lintas tengah Jawa.

Baca Juga:

  1. Gua Gong, Primadona Pacitan Pemilik Danau dan Ruang Misterius
  2. Taman Nasional Lorentz, Pesona Papua dari Danau di Atas Awan Hingga Rumah Para Satwa
  3. Ikhtiar Revitalisasi Taman Nusa Bali untuk Bangkitkan Pariwisata dari Tidur Panjang

Menteri Basuki mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan agar persiapan mudik Lebaran 2022 lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Mengingat antusiasme pemudik yang sangat tinggi setelah tidak bisa mudik selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

“Salah satu persiapannya adalah lintas Pansela Jawa ini bisa menjadi alternatif bagi para pemudik. Sehingga beban lalu lintas terbagi dan tidak menumpuk di lintas Pantura dan Lintas Tengah Jawa,” kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulis.

Jalur Pansela

Lintas Pansela yang dibangun sudah tembus dari Bayah, Kabupaten Lebak, Banten melalui Kebumen, Cilacap, Wonosari, hingga ke Pacitan di Jawa Timur. Secara total sudah terhubung sepanjang 1.242 km.

“Jalan Pansela dibangun dengan biaya dari APBN, Asian Development Bank (ADB) dan Islamic Development Bank (IDB) ini dimulai sejak 6 tahun lalu, kita bangun secara bertahap. Nanti di tahun 2024 akan kita teruskan hingga tersambung sampai Banyuwangi, Jawa Timur,” terangnya.

Dengan adanya tiga jalur mudik di Pulau Jawa, Menteri Basuki berharap beban terbagi pada saat mudik.

Jalur Pansela

“Untuk itu saya ajak masyarakat memanfaatkan Jalan Pansela ini, jalan dengan pemandangan yang indah yang melewati banyak tempat lokasi wisata pantai,” ungkap dia.

“Pemandangannya indah dan instagrammable, bagi yang lewat jalur ini mudah-mudahan liburan Lebaran menjadi memorable dengan keluarga,” imbuhnya. Tentu saja dengan pemandangan yang indah bisa digunakan untuk self healing juga.

Continue Reading

Infrastruktur

Indonesia Bakal Punya Rest Area di Tol Tengah Laut

Published

on

By

Ilustrasi Tol Rute Semarang-Demak

Jalan tol adalah salah satu fasilitas publik yang hingga kini terus digarap untuk jalur cepat transportasi roda empat atau lebih.

Diketahui ada sejumlah proyek jalur tol di pulau Jawa yang sedang dalam proses pengerjaan hingga saat ini. Tol rute Semarang-Demak merupakan sederet proyek yang bisa dibilang lebih menarik perhatian karena keunikan lokasi dan konsep pembangunannya.

Tol tersebut memang diklaim memiliki peran multifungsi dalam pembangunannya. Tol ini juga berfungsi sebagai pengendali banjir rob karena terintegrasi dengan tanggul laut, selain untuk meningkatkan konektivitas.

Ketahanan struktur bangunan tol ini dalam menjadi tembok laut bahkan dikatakan dirancang untuk selama 50 tahun dapat menahan rob.

Baca Juga:

  1. Keren, Masjid Istiqlal Jadi Tempat Ibadah Pertama yang Raih Penghargaan Bangunan Hijau
  2. Ayo Daftar Sayembara IKN Nusantara Hadiah Rp34 Miliar, Besok Tutup
  3. Kementerian PUPR: Seluruh Jalan Nasional & Tol Dalam Kondisi Prima

Adanya titik peristirahatan atau rest area, yang otomatis akan berada di tengah laut menjadi keunikan tersendiri dari tol Semarang-Demak. Rest area ini ke depannya bahkan diproyeksi akan memiliki fungsi lain.

Misalnya seperti sebagai detinasi wisata baru khususnya di Kota Semarang itu sendiri. Sementara itu sebenarnya rute Semarang-Demak bukan yang pertama di Indonesia, melainkan pertama kali diterapkan untuk rute Bali-Mandara.

Deddy Susanto selaku Direktur Teknik PT PP Tol Semarang-Demak dalam betanews.id mengatakan bahwa, “Lokasinya berada di kilometer 5. Jadi ini akan menjadi destinasi baru di Kota Semarang, dan akan mejadi rest area pertama di Indonesia yang berada di tengah laut.”

Continue Reading

Infrastruktur

Keren, Masjid Istiqlal Jadi Tempat Ibadah Pertama yang Raih Penghargaan Bangunan Hijau

Published

on

By

Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal meraih sertifikat EDGE dari IFC atas berbagai penerapan konsep bangunan hijau. Masjid seluas 109.547 m2 ini menjadi bangunan tempat ibadah pertama yang meraih sertifikat green building atas kiprahnya menerapkan banyak fitur green seperti hemat air hingga penggunaan solar panel untuk menghasilkan daya listrik mandiri.

Masjid Istiqlal Jakarta telah direnovasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan menjadi bangunan tempat ibadah pertama di dunia yang mendapatkan sertifikat final sistem Excellence in Design for Greater Efficiencies (EDGE) dari International Finance Corporation (IFC).

Sertifikat EDGE merupakan pengakuan atas prinsip-prinsip bangunan hijau (green building) untuk penghematan energi dan penerapan keberlanjutan lingkungan. Menurut Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti, renovasi masjid seluas 109.547 m2 ini dari awal memang menerapkan prinsip bangunan hijau.

Baca Juga:

  1. Gua Gong, Primadona Pacitan Pemilik Danau dan Ruang Misterius
  2. Taman Nasional Lorentz, Pesona Papua dari Danau di Atas Awan Hingga Rumah Para Satwa
  3. Ikhtiar Revitalisasi Taman Nusa Bali untuk Bangkitkan Pariwisata dari Tidur Panjang

“Hal itu sesuai dengan amanat Peraturan Menteri (Permen) PUPR No. 2 Tahun 2015 tentang Bangunan Gedung Hijau yang diperbaharuii melalui Permen PUPR No. 21 Tahun 2021 tentang Penilaian Kinerja Bangunan Gedung Hijau. Permen tersebut menyatakan bahwa bangunan peribadatan dengan luas di atas 10.000 m2 termasuk dalam kategori wajib untuk menerapkan prinsip-prinsip bangunan gedung hijau,” ujarnya.

Berbagai penerapan green building pada Masjid Istiqlal antara lain fitur penghematan dengan meningkatkan fungsi desain pasif hemat energi yang didesain sejak pemugaran eksterior dan interior bangunan. Kemudian penggunaan sistem penghawaan (AC) yang sangat hemat energi, penggunaan lampu hemat energi berbasis LED, penerapan smart building, serta pemasangan solar panel yang memberikan kontribusi listrik mencapai 13 persen.

Bukan hanya itu, saat proses renovasinya juga telah dilakukan berbagai upaya penghematan air. Saat ini Masjid Istiqlal juga mengganti keran wudhu dengan yang lebih hemat air, penggunaan WC dengan sistem dual flush, wastafel dan urinal hemat air, dan sebagainya.

Untuk penghematan material dilakukan dengan mempertahankan material yang digunakan sebagai bangunan cagar budaya pada fungsi struktur, interior, dan eksterior bangunan dengan mengaplikasikan teknologi terkini pada bangunan. Secara umum Masjid Istiqlal ini bisa menghemat 476,22 ton karbondioksida per tahunnya.

“Dengan capaian efisiensi energi, air, maupun material ini selanjutanya juga bisa memudahkan pengelolaan dan pemeliharaan bangunan masjid ke depannya. Penerapan prinsip ramah lingkuangan pada masjid ini juga bisa menjadi best practice bagi bangunan gedung lain di Indonesia dan menginspirasi para pelaku di dunia konstruksi,” imbuh Diana.

Country Manager IFC untuk Indonesia dan Timor Leste Azam Khan mengatakan, Masjid Istiqlal ini bisa menjadi contoh yang dapat diraih bila semua bekerja sama dalam upaya melawan krisis iklim yang telah menjadi tantangan global dan harus terus disiasati oleh negara-negara.

“Perubahan iklim mengancam kehidupan dan mata pencaharian serta memperlambat kemajuan dari upaya pengentasan kemiskinan terutama di tengah meningkatnya intensitas bencana terkait perubahan iklim yang banyak terjadi termasuk di Indonesia,” pungkasnya.

Masjid Istiqlal direnovasi pada tahun 2019-2020 dengan waktu pelaksanaan 424 hari atau sejak 16 Mei 2019 hingga 13 Juli 2020. Total biaya untuk renovasi mencapai Rp511,3 miliar dengan kontraktor PT Waskita Karya dan PT Virama Karya sebagai konsultan manajemen konstruksi.

Continue Reading

LATEST NEWS

Lifestyle19 jam ago

Anak Kecanduan Gadget? Simak 6 Tips Menghentikannya

Saat ini, anak-anak sudah menjadi lebih terbiasa bermain dengan gadget daripada bermain di luar. Mereka kecanduan game mobile, televisi, dan...

CityView24 jam ago

Perkenalkan Bubakan, Kampung Elite Para Tukang Bakso di Wonogiri

Diketahui, karena pidato dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam Rapat Kerja Nasional PDIP Perjuangan pada Selasa (21/6/2022) menyebut kata...

Hangout1 hari ago

Museum PETA, Simbol Penghargaan untuk Pejuang Tanah Air

Museum PETA yang berada di Bogor merupakan destinasi wisata sejarah yang dapat kalian kunjungi untuk mengenang jasa para pahlawan Indonesia....

Bisnis2 hari ago

Mantan Bos Bukalapak Ungkap Penyebab Ramai Perusahaan StartUp Tumbang

Perusahaan startup secara bersamaan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawannya beberapa waktu lalu. Hal itu disebabkan kondisi ekonomi yang...

Teknologi2 hari ago

Mulai 1 Juli 2022, Beli Pertalite Wajib Daftar di Aplikasi Pertamina

Mulai 1 Juli 2022, aplikasi My Pertamina bakal menjadi syarat bagi pembeli untuk mereka dapat membeli bahan bakar minyak (BBM)...

Sosial-Budaya2 hari ago

Melacak Jejak Sirih dan Pinang, Budaya Nginang Masyarakat Indonesia

Tradisi nyirih kini hanya tersisa dalam sebuah masyarakat tradisional, yang notabene sedikit terpapar oleh proyek modernitas atau proses pembaratan secara...

CityView2 hari ago

Fenomena Klitih dan Munculnya Maskulinitas Semu

Fenomena Klitih mengalami pergeseran makna dari sesuatu yang positif menjadi sesuatu yang negatif. Jika dulu klitih dimaknai sebagai cara untuk menghilangkan rasa...

Internasional3 hari ago

Sebar Hoaks Tentang Operasi Militer Spesial ke Ukraina, Rusia Denda Google Rp18 Miliar

Google dikabarkan telah didenda senilai 68 juta rubel atau sekitar Rp 18 miliar oleh pengawas telekomunikasi Rusia, Roskomnadzor. Di mana...

Internasional3 hari ago

Tiba di Jerman, Jokowi & Iriana Dapat Sambutan Meriah

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana beserta rombongan tiba di Munich International Airport, Munich, Jerman,...

Edukasi1 minggu ago

Pandemi dan Era Kenormalan Baru, Ini Sisi Tumpul Pembelajaran Virtual

Sejak 13 Juli 2020 lalu, sekolah memasuki masa aktif tahun ajaran baru 2020/2021. Pada masa pemantauan (transisi) kasus pandemik covid...

Internasional1 minggu ago

Mantan Presiden Rusia: AS Harus Merangkak & Memohon

Pernyataan kontroversial kembali dikeluarkan oleh Mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev. Kali ini ia mengatakan untuk berdiskusi soal pengurangan senjata nuklir,...

Hangout1 minggu ago

Roti Gambang, Disebut Bantalan Rel, Ternyata Terbaik di Dunia

Cityzen punya bayangan yang jelas apa itu roti? Namun, pernahkah Cityzen -terutama anak-anak muda generasi Z- mendengar atau mencicipi roti gambang? Bagi...

Kesehatan-Kecantikan1 minggu ago

Dilegalkan di Thailand, Ini Ragam Efek Ganja bagi Tubuh

Kini ganja telah menjadi barang legal di Thailand. Seusai pelegalan itu, bahkan Bangkok menggelar pameran ganja dan rami 360 derajat...

Properti1 bulan ago

Tahun 2022 Jadi Momentum Kebangkitan Sektor Properti

Perusahaan riset, konsultasi, dan manajemen properti Knight Frank Indonesia menyebut tahun 2022 ini sebagai tahun kebangkitan sektor properti. Berbagai kendala...

Properti1 bulan ago

Ayo Serbu, Ada Rumah Tapak Rasa Apartemen di Tanjung Barat

Berbagai konsep hunian terus dihadirkan kalangan pengembang seiring perubahan tren dan lifestyle masyarakat perkotaan. Konsep hunian rumah tapak dengan desain...

Internasional1 bulan ago

Insiden Penembakan Maut di Sekolah Dasar Texas, 18 Anak & 3 Orang Dewasa Tewas

Para pejabat setempat mengatakan jumlah korban penembakan di sebuah sekolah dasar (SD) (sebelumnya ditulis TK) di South Texas, Amerika Serikat...

Traveling2 bulan ago

Museum Radya Pustaka, Museum Tertua di Solo yang Masih Menyimpan Hadiah Napoleon Bonaparte

Jika Cityzen jalan-jalan ke Kota Solo, boleh mampir sejenak ke museum tertua di Jawa, yakni Museum Radya Pustaka. Museum ini...

Nasional2 bulan ago

Hampir Sembuh, Ade Armando Tak Sabar Kembali Berjuang

Dosen FISIP Universitas Indonesia (UI) dan juga pegiat media sosial, Ade Armando, menjadi korban pengeroyokan saat demo 11 April 2022...

Teknologi2 bulan ago

WhatsApp Rilis 11 Fitur Baru, Begini Cara Pakainya

Pada tahun 2022 ini Whatsapp akan memperkenalkan sejumlah fitur baru yang telah dimilikinya. Berbagai fitur tersebut diciptakan agar dapat meningkatkan...

Internasional2 bulan ago

Mengerikan, Begini Penampakan Kuburan Massal Rusia & Ukraina

Perang antara Rusia dengan Ukraina menyebabkan penderitaan bagi seluruh penduduknya, terutama warga sipil. Pihak Ukraina pun melaporkan di sekitaran ibu...

Nasional2 bulan ago

Antisipasi Lonjakan Pemudik, Kemenkes Siapkan 13.968 Fasilitas Kesehatan

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyiapkan 13.968 fasilitas kesehatan guna mengantisipasi pemudik yang sakit atau memerlukan pertolongan medis secara cepat dan memadai....

Trending