Connect with us

Teknologi

Patok Tiket Rp1,4 Miliar, Elon Musk Ingin Semua Orang Bisa ke Mars

Published

on

Ilustrasi pesawat SpaceX

Dengan pesawat ulang alik milik CEO SpaceX Elon Musk setiap orang bisa ke Mars. Dirinya pun mengatakan untuk harga tiketnya sendiri cukup terjangkau, yakni US$100 atau sekitar Rp1,4 miliar.

Diketahui Musk memang dengan pesawat ulang-alik SpaceXnya bisa membawa manusia ke Mars. Bahkan dirinya berencana dalam beberapa dekade mendatang membangun kota yang dapat bertahan secara mandiri di Planet Merah itu.

Hal tersebut terungkap dalam percakapam bersama Chris Anderson yang merupakan kepala program TED. Musk awalnya ditanya soal harga sekali perjalanan ke Mars. Kemudian Anderson bertanya apakah pada kisaran beberapa ratus dolar AS harganya bisa rendah atau tidak.

Musk pun mengatakan berdasarkan kondisi ekonomi, penetapan sebagian harga ditentukan. Akan tetapi katanya demi menarik jutaan orang datang dan membangun kota di planet tersebut, perjalanan ke Mars butuh harga yang cukup terjangkau.

Baca Juga:

  1. Mocca Gelar Konser Perdana di Metaverse, Tiket Gratis
  2. Keren, Metaverse Gundam Segera Meluncur
  3. Alfamart Jajal Bisnis di Dunia Metaverse

“Jika biaya perjalanan ke Mars US$100 ribu, maka saya pikir hampir semua orang dapat bekerja dan menabung supaya akhirnya punya uang US$100 ribu untuk dapat pergi ke Mars jika mereka mau,” tuturnya.

Dirinya juga mengatakan ingin membuat perjalanan ke Mars ini dapat tersedia bagi siapa saja yang mau pergi ke sana. Skenario tersebut sepertinya diambil Musk berdasarkan pada kemungkinan orang menjual rumah dan aset lainnya untuk bisa pergi ke Mars, seperti yang dilansir Business Insider.

Selain itu Musk turut mengatakan kemungkinan sumber dana lain untuk ke Mars dalam kesempatan wawancara yang sama. Misalnya seperti perjalanan dengan mengambil pinjaman di bank atau disponsori oleh pemerintah.

Biaya trip ke Planet Mars sebelumnya diperkirakan Musk sekitar US$100 ribu sampai US$500 ribu (Rp7,2 Miliar). Sementara itu, Musk berharap untuk membangun 1.000 Starships SpaceX selama 10 tahun untuk mengirim 1 juta orang ke Mars pada 2050 dan membangun kota di Mars pada 2020 lalu. Kemudian pada 2029 ia mengisyaratkan bahwa manusia pertama di Mars mungkin mendarat.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Teknologi

Mulai 1 Juli 2022, Beli Pertalite Wajib Daftar di Aplikasi Pertamina

Published

on

Beli Pertalite Wajib Daftar di Aplikasi Pertamina

Mulai 1 Juli 2022, aplikasi My Pertamina bakal menjadi syarat bagi pembeli untuk mereka dapat membeli bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite dan Solar.

Hal tersebut dingungkapkan oleh PT Pertamina (Persero) agar penyaluran bisa tepat sasaran. Menurut Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution mulai 1 Juli 2022 bagi pengguna yang telah terdaftar dalam sistem MyPertamina, pihaknya berinisiatif untuk melakukan uji coba penyaluran Pertalite dan Solar.

“Kami menyiapkan website MyPertamina, yakni https://subsiditepat.mypertamina.id/ yang dibuka pada 1 Juli 2022,” tuturnya.

Dengan laman tersebut, masyarakat yang berhak menggunakan Pertalite dan Solar dapat mendaftarkan data mereka. Kemudian setelah itu tinggal menunggu apakah kendaraan serta identitasnya terkonfirmasi sebagai pengguna yang terdaftar atau tidak.

Baca Juga:

  1. Anies Pastikan Biaya Pergantian Dokumen Akibat Perubahan Nama Jalan Gratis
  2. Gara-Gara Anies Ganti Nama Sejumlah Jalan di DKI, 50 Ribu Warga Jakarta Wajib Bikin e-KTP Baru
  3. Beli Minyak Goreng Kini Wajib Pakai Aplikasi PeduliLindungi

Dalam melakukan pencocokan data pengguna yang akan membeli BBM bersubsidi, sistem MyPertamina ini akan membantu perseroan. Jika tidak memiliki aplikasi MyPertamina, masyarakat juga tidak perlu khawatir.

Hal ini dikarenakan semua pendaftaran dilakukan di laman MyPertamina https://subsiditepat.mypertamina.id/. Nantinya melalui email yang didaftarkan, pengguna yang telah melakukan pendaftaran kendaraan dan identitasnya akan mendapatkan notifikasi.

“Pengguna terdaftar akan mendapatkan kode QR khusus yang menunjukkan bahwa data mereka telah cocok dan dapat membeli Pertalite dan Solar,” terang Alfian.

Pertamina juga menjamin konsumen dapat melakukan transaksi di SPBU dan seluruh transaksinya akan tercatat secara digital jika seluruh data mereka telah cocok.

“Inilah yang kami harapkan, Pertamina dapat mengenali siapa saja konsumen Pertalite dan Solar, sehingga bisa menjadi acuan dalam membuat program ataupun kebijakan terkait subsidi energi bersama pemerintah sekaligus melindungi masyarakat yang saat ini berhak menikmati bahan bakar bersubsidi,” jelasnya.

Diketahui untuk mendukung program penyaluran Pertalite dan Solar secara tepat sasaran, Pertamina Patra Niaga saat ini terus memperkuat infrastruktur dan sistem mereka.

Continue Reading

Teknologi

WhatsApp Rilis 11 Fitur Baru, Begini Cara Pakainya

Published

on

By

Ilustrasi WhatsApp

Pada tahun 2022 ini Whatsapp akan memperkenalkan sejumlah fitur baru yang telah dimilikinya. Berbagai fitur tersebut diciptakan agar dapat meningkatkan pengalaman pengguna.

Melansir Mint, terdapat setidaknya 11 fitur baru WhatsApp di tahun 2022. Berikut ringkasannya:

1. Emoji Reaction

Diketahui dengan emoticon, fitur ini memungkinkan pengguna untuk bereaksi terhadap pesan. Untuk melakukannya pengguna hanya perlu mengetuk dan menahan pesan yang ingin mereka tanggapi, kemudian memilih emoji yang sesuai dengan menyeret jari mereka

2. Communities

Untuk menyatukan grup-grup terpisah di bawah “satu payung,” fitur yang satu ini memungkinkan. Itu mengapa ini disebut communities (komunitas). Di mana pengguna dapat menerima pembaruan yang dikirim ke seluruh komunitas, serta dengan mudah mengatur grup diskusi yang lebih kecil tentang apa yang jadi fokus pembicaraan.

Selain itu, komunitas juga akan berisi alat baru untuk admin, termasuk pesan pengumuman yang dikirim ke semua orang dan kontrol atas grup mana yang dapat diikutsertakan.

Baca Juga:

  1. Metaverse Bakal Punya Mall 100 Lantai di Akhir 2022
  2. Daftar 166 Kabupaten/Kota yang Suntik Mati TV Analog Tahap I
  3. Begini Pengertian dan Cara Mengecek BI Checking

3. Admin Hapus Pesan Pengguna Lain

Selanjutnya fitur lain yang akan muncul, yaitu pemaksimalan peran admin dalam sebuah grup WhatsApp. Sehingga dari obrolan semua orang, nantinya mereka bisa menghapus pesan yang salah atau bermasalah. Hanya pengirim yang diizinkan untuk menghapus pesan mereka sampai saat ini.

4. Peningkatan Kapasitas Berbagi Fail

Kini WhatsApp hanya mengizinkan berbagi fail hingga 100 MB. Akan tetapi aplikasi ini juga melakukan peningkatan bagi kapasitas berbagi fail atau dokumen. Di mana platform akan mendukung transfer file hingga 2 GB.

5. Pemutakhiran Panggilan Suara

Berikutnya, dengan desain baru WhatsApp akan memperkenalkan panggilan suara satu ketukan hingga 32 orang. Perusahaan mengubah desain jendela aplikasi yang terlihat selama panggilan suara grup.

Bentuk gelombang suara untuk semua peserta selama panggilan grup ditambahkan oleh platform ini. Meski perubahan dalam desain memang masih minimal, namun diharapkan dapat memberikan tampilan yang segar ke halaman.

6. Pause dan Resume Voice Message Recording

Sekarang ketika merekam suara, pengguna WhatsApp dapat menjeda dan melanjutkan voice message (pesan suara). Saat mereka mulai merekam pesan suara dalam mode handsfree, pengguna akan dapat melihat opsi pause. Fitur ini pun akan membantu saat merekam pesan suara yang panjang.

7. Me-resume Voice Message dari Tempat Pause

Meski belum diketahui kapan dirilis, namun fitur ini nantinya akan berguna untuk mendengarkan pesan suara yang lebih panjang. Pengguna WhatsApp tidak perlu mendengarkan pesan suara sekaligus sekarang. Mereka dapat menjeda pesan suara dan melanjutkan mendengarkan dari tempat mereka tinggalkan.

8. Memutar Voice Message di Luar Obrolan WhatsApp

Saat ini, pengguna WhatsApp dapat mendengarkan pesan suara bahkan setelah meninggalkan percakapan atau berada di aplikasi lain. Diharapkan fitur tersebut dapat membantu menghemat waktu, dikarenakan sambil mendengarkan catatan suara, pengguna bisa membalas obrolan lain.

9. Pesan Suara Desain Gelombang

Kemudian juga terdapat fitur ini, yakni dari suara pesan suara pengguna WhatsApp sekarang dapat melihat representasi visual. Sementara untuk panggilan suara, platform ini juga memperkenalkan desain bentuk gelombang serupa.

10. Mendengar Voice Message Sebelum Dikirim

Sebelum mengirim rekaman suara ke orang lain, pengguna WhatsApp akan dapat mendengarkan rekamanya sendiri. Diketahui saat ini, pengguna hanya memiliki opsi untuk merekam dan mengirim pesan suara secara langsung tanpa terlebih dahulu mendengarnya.

11. Pemutar Cepat Voice Message

Terakhir, kini WhatsApp telah menawarkan opsi kepada pengguna untuk memutar pesan suara dengan kecepatan 1,5x atau 2x dan mendengarkannya lebih cepat. Tombol kecepatan 1x baru sekarang dapat dilihat di dekat pemutar pesan suara.

Continue Reading

Teknologi

Metaverse Bakal Punya Mall 100 Lantai di Akhir 2022

Published

on

By

Ilustrasi Tampilan The Mall dalam Metaverse

Agar setiap orang dapat berinovasi, dunia virtual metaverse menyediakan ruang tanpa batas. Salah satunya seperti The Mall yang memanfaat peluang tersebut.

Diketahui The Mall akan segera meluncurkan sebuah mal virtual yang memiliki 100 lantai dengan luas 9,2 juta meter persegi. The Mall sendiri adalah proyek dari perusahaan Metaverse milik Alan Smithson yang akhir tahun ini rencananya akan dirilis.

Bahkan selama tujuh tahun proyek ini telah dikerjakan. Alan berharap mal virtual ini segera dirilis kepada konsumen pada kuartal keempat tahun 2022 dalam wawancara dengan GamesBeat, melansir dari Venteru Beat. Tanpa perlu mengunduh aplikasi atau platform perangkat lunak khusus, mal ini nantinya bisa diakses di web.

Alan telah bekerja dengan rekannya Julie Smithson untuk mewujudkan proyek ambisiusnya ini. Kemudian di tahun 2016, keduanya mendirikan perusahaan. Alan dan Julie mengembangkan proyek untuk membuka mal pada tahun 2020 di website, bersama dengan beberapa rekannya.

Baca Juga:

  1. Mocca Gelar Konser Perdana di Metaverse, Tiket Gratis
  2. Keren, Metaverse Gundam Segera Meluncur
  3. Alfamart Jajal Bisnis di Dunia Metaverse

“Tujuan kami adalah menjadi destinasi ritel dan hiburan nomor 1 di metaverse. Karena ini sudah mulai familiar, kami juga dapat menarik konsumen yang belum akrab dengan crypto,” tuturnya.

Audiens sebanyak mungkin ditargetkan oleh The Mall, yang mana dengan martphone lawas yang belum memiliki spesifikasi tinggi, setiap orang dapat mengakses mal virtual ini. Kedepannya barang fisik yang dapat dikirim pun juga turut ada, jadi tidak hanya menjual barang-barang digital saja.

Dengan grafik yang terlihat lebih realistis, metaverse berhasil mengembangkan mal virtual. Sehingga dapat dengan jelas menampilkan foto dan produk yang dijual.

“Ketika dibangun sepenuhnya, The Mall akan memiliki luas kira-kira 9,2 juta meter persegi. Sedangkan mal terbesar di dunia yakni Mall of Dubai, memiliki luas 1,1 juta meter persegi,” ujar Alan.

Dari 100 lantai sebagai aset digital (NFT), perusahaan akan menjual sekitar 70 persen. Dengan begitu para pengembang bisa memodifikasi sesuai kebutuhan terhadap lantai yang telah mereka beli.

Sedangkan untuk 30 persen lantai akan dijual ke investor. Mereka nantinya dapat menjual kembali kepada pembeli yang tertarik akan lantainya itu.

Continue Reading

LATEST NEWS

Lifestyle20 jam ago

Anak Kecanduan Gadget? Simak 6 Tips Menghentikannya

Saat ini, anak-anak sudah menjadi lebih terbiasa bermain dengan gadget daripada bermain di luar. Mereka kecanduan game mobile, televisi, dan...

CityView1 hari ago

Perkenalkan Bubakan, Kampung Elite Para Tukang Bakso di Wonogiri

Diketahui, karena pidato dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam Rapat Kerja Nasional PDIP Perjuangan pada Selasa (21/6/2022) menyebut kata...

Hangout1 hari ago

Museum PETA, Simbol Penghargaan untuk Pejuang Tanah Air

Museum PETA yang berada di Bogor merupakan destinasi wisata sejarah yang dapat kalian kunjungi untuk mengenang jasa para pahlawan Indonesia....

Bisnis2 hari ago

Mantan Bos Bukalapak Ungkap Penyebab Ramai Perusahaan StartUp Tumbang

Perusahaan startup secara bersamaan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawannya beberapa waktu lalu. Hal itu disebabkan kondisi ekonomi yang...

Teknologi2 hari ago

Mulai 1 Juli 2022, Beli Pertalite Wajib Daftar di Aplikasi Pertamina

Mulai 1 Juli 2022, aplikasi My Pertamina bakal menjadi syarat bagi pembeli untuk mereka dapat membeli bahan bakar minyak (BBM)...

Sosial-Budaya2 hari ago

Melacak Jejak Sirih dan Pinang, Budaya Nginang Masyarakat Indonesia

Tradisi nyirih kini hanya tersisa dalam sebuah masyarakat tradisional, yang notabene sedikit terpapar oleh proyek modernitas atau proses pembaratan secara...

CityView2 hari ago

Fenomena Klitih dan Munculnya Maskulinitas Semu

Fenomena Klitih mengalami pergeseran makna dari sesuatu yang positif menjadi sesuatu yang negatif. Jika dulu klitih dimaknai sebagai cara untuk menghilangkan rasa...

Internasional3 hari ago

Sebar Hoaks Tentang Operasi Militer Spesial ke Ukraina, Rusia Denda Google Rp18 Miliar

Google dikabarkan telah didenda senilai 68 juta rubel atau sekitar Rp 18 miliar oleh pengawas telekomunikasi Rusia, Roskomnadzor. Di mana...

Internasional3 hari ago

Tiba di Jerman, Jokowi & Iriana Dapat Sambutan Meriah

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana beserta rombongan tiba di Munich International Airport, Munich, Jerman,...

Edukasi1 minggu ago

Pandemi dan Era Kenormalan Baru, Ini Sisi Tumpul Pembelajaran Virtual

Sejak 13 Juli 2020 lalu, sekolah memasuki masa aktif tahun ajaran baru 2020/2021. Pada masa pemantauan (transisi) kasus pandemik covid...

Internasional1 minggu ago

Mantan Presiden Rusia: AS Harus Merangkak & Memohon

Pernyataan kontroversial kembali dikeluarkan oleh Mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev. Kali ini ia mengatakan untuk berdiskusi soal pengurangan senjata nuklir,...

Hangout1 minggu ago

Roti Gambang, Disebut Bantalan Rel, Ternyata Terbaik di Dunia

Cityzen punya bayangan yang jelas apa itu roti? Namun, pernahkah Cityzen -terutama anak-anak muda generasi Z- mendengar atau mencicipi roti gambang? Bagi...

Kesehatan-Kecantikan1 minggu ago

Dilegalkan di Thailand, Ini Ragam Efek Ganja bagi Tubuh

Kini ganja telah menjadi barang legal di Thailand. Seusai pelegalan itu, bahkan Bangkok menggelar pameran ganja dan rami 360 derajat...

Properti1 bulan ago

Tahun 2022 Jadi Momentum Kebangkitan Sektor Properti

Perusahaan riset, konsultasi, dan manajemen properti Knight Frank Indonesia menyebut tahun 2022 ini sebagai tahun kebangkitan sektor properti. Berbagai kendala...

Properti1 bulan ago

Ayo Serbu, Ada Rumah Tapak Rasa Apartemen di Tanjung Barat

Berbagai konsep hunian terus dihadirkan kalangan pengembang seiring perubahan tren dan lifestyle masyarakat perkotaan. Konsep hunian rumah tapak dengan desain...

Internasional1 bulan ago

Insiden Penembakan Maut di Sekolah Dasar Texas, 18 Anak & 3 Orang Dewasa Tewas

Para pejabat setempat mengatakan jumlah korban penembakan di sebuah sekolah dasar (SD) (sebelumnya ditulis TK) di South Texas, Amerika Serikat...

Traveling2 bulan ago

Museum Radya Pustaka, Museum Tertua di Solo yang Masih Menyimpan Hadiah Napoleon Bonaparte

Jika Cityzen jalan-jalan ke Kota Solo, boleh mampir sejenak ke museum tertua di Jawa, yakni Museum Radya Pustaka. Museum ini...

Nasional2 bulan ago

Hampir Sembuh, Ade Armando Tak Sabar Kembali Berjuang

Dosen FISIP Universitas Indonesia (UI) dan juga pegiat media sosial, Ade Armando, menjadi korban pengeroyokan saat demo 11 April 2022...

Teknologi2 bulan ago

WhatsApp Rilis 11 Fitur Baru, Begini Cara Pakainya

Pada tahun 2022 ini Whatsapp akan memperkenalkan sejumlah fitur baru yang telah dimilikinya. Berbagai fitur tersebut diciptakan agar dapat meningkatkan...

Internasional2 bulan ago

Mengerikan, Begini Penampakan Kuburan Massal Rusia & Ukraina

Perang antara Rusia dengan Ukraina menyebabkan penderitaan bagi seluruh penduduknya, terutama warga sipil. Pihak Ukraina pun melaporkan di sekitaran ibu...

Nasional2 bulan ago

Antisipasi Lonjakan Pemudik, Kemenkes Siapkan 13.968 Fasilitas Kesehatan

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyiapkan 13.968 fasilitas kesehatan guna mengantisipasi pemudik yang sakit atau memerlukan pertolongan medis secara cepat dan memadai....

Trending