Connect with us

Nasional

Jokowi Ungkap Alasan Utama Harga Minyak Goreng Masih Tinggi

Published

on

Presiden Jokowi

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), membeberkan alasan mengapa harga minyak goreng masih tinggi. Kendati demikian, Jokowi juga menyatakan Pemerintah telah memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp100 ribu kepada warga miskin.

“Jadi memang harganya tinggi, karena apa? Harga di luar, harga internasional itu tinggi banget sehingga kecenderungan produsen itu inginnya ekspor karena memang harganya tinggi di luar,” tegas Jokowi.

Jokowi bergharap agar harga minyak goreng bisa mendekati normal dalam waktu dekat. Dia juga meminta aparat hukum mengusut tuntas para mafia minyak goreng.

Baca Juga:

  1. Pasar Bolu, Pasar Kerbau Terbesar di Dunia
  2. Bukan Hanya Soto, Ini 5 Destinasi Wisata Cantik di Lamongan
  3. Pantai Papuma, Mahkota Terindah dari Jember

“Kemarin dari Kejaksaan Agung sudah menetapkan empat tersangka urusan minyak goreng ini dan saya minta diusut tuntas sehingga kita bisa tahu siapa ini yang bermain ini bisa mengerti,” ujarnya.

Sebelumnya, Kejaksaan Agung mengumumkan empat tersangka dugaan korupsi pemberian fasilitas ekspor minyak sawit mentah dan turunannya.

Salah satunya adalah Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Indrasari Wisnu Wardhana. Kemudian, tersangka lainnya adalah Komisaris PT Wilmar Nabati Indonesia berinisial MPT, Senior Manager Corporate Affair Permata Hijau Group (PHG) berinisial SMA, dan General Manager di PT Musim Mas berinisial PT.

Nasional

Beli Minyak Goreng Curah Pakai Aplikasi PeduliLindungi Diperpanjang Hingga 3 Bulan

Published

on

Beli minyak goreng pakai aplikasi pedulilindungi

Pemerintah berupaya untuk menemukan keseimbangan terkait pengendalian minyak goreng dari sisi hulu hingga hilir. Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Menanggapi hal itu sosialisai penggunaan aplikasi PeduliLindungi bagi masyarakat yang ingin membeli Minyak Goreng Curah Rakyat (MGCR) di pengecer resmi yang telah terdaftar di aplikasi SIMIRAH 2.0 maupun PUJLE juga masih berjalan. Namun masih banyak ditemui pengecer yang belum mengunduh QR Code PeduliLindungi. Untuk itu, Luhut meminta masa sosialisasinya diperpanjang.

“Saat ini harga minyak goreng telah mencapai Rp 14.000 per liter di Jawa-Bali, sehingga kebijakan di sisi hulu dapat kita mulai relaksasi secara hati-hati untuk mempercepat ekspor dan memperbaiki harga Tandan Buah Segar (TBS) di tingkat petani,” ujarnya melalui keterangan pers, Sabtu (2/7/2022).

Baca Juga:

  1. Diperiksa Kasus ‘Stupa Jokowi’, Roy Suryo Penuhi Panggilan Polda Metro
  2. Ibu Iriana, Ibu Negara Pertama yang Kunjungi Ukraina
  3. Pesan Menyentuh Sri Mulyani Kepada PNS yang Dapat Gaji ke-13 1 Juni 2022

“Saya juga minta masa transisi dan sosialisasi penggunaan PeduliLindungi yang tadinya 2 minggu, bisa diperpanjang selama 3 bulan. Kita harus memahami proses adaptasi yang masih dibutuhkan oleh teman-teman di lapangan,” Luhut menambahkan.

Dalam masa perpanjangan sosialisasi ini, masyarakat tetap dapat membeli MGCR tanpa perlu menunjukkan NIK. Namun, pemerintah berharap kepada para pengecer dan pembeli agar dapat mulai menggunakan dan membiasakan penggunaan PeduliLindungi dalam proses jual beli MGCR.

Untuk itu, pengecer akan didorong segera mencetak QR Code Peduli Lindungi melalui SIMIRAH 2.0 atau PUJLE dan menempelnya di tempat penjualan.

Selain itu, pemerintah juga akan terus mengembangkan penggunaan Peduli Lindungi sebagai alat pengawasan dan kontrol distribusi minyak goreng untuk mengantisipasi kembali terjadinya kenaikan harga minyak goreng di pasaran.

Continue Reading

Nasional

Ibu Iriana, Ibu Negara Pertama yang Kunjungi Ukraina

Published

on

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Kunjungi Ukraina

Untuk melihat situasi dan memberi dukuan terhadap Ukraina atas perang yang terjadi, beberapa pemimpin negera pun mengunjungi Kyiv. Bahkan, terbaru diketahui Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Iriana turut melakukan kunjungan tersebut pada Rabu (29/6/2022).

Jokowi langsung melalukan blusukan meninjau puing kompleks apartemen Lipky di kota Irpin, usai sampai dengan pengawalan yang ekstra ketat. Jokowi tampak mengajak Iriana untuk meninjau dalam kesempatan tersebut.

Mengutip Kamis (30/6/2022) dalam keterangan pers usai peninjauan Jokowi mengatakan bahwa, “Sangat menyedihkan sekali banyak rumah yang rusak, kemudian infrastruktur yang rusak. Kita harapkan tidak ada lagi kota-kota yang rusak di Ukraina akibat perang.”

Kemudian, Iriana dan Jokowi juga terlihat sempat berbincang dengan seorang korban perang dalam sebuah video yang diterima dari Biro Pers Sekretariat Presiden. Bahkan dari pasien yang dirawat tersebut, Ibu Negara Indonesia ini sampai mendapatkan pelukan hangat.

Baca Juga:

  1. Ini Dia Hasil dari Pertemuan Jokowi & Zelensky
  2. Jelang KTT G20 Bali, Italia Buat Kontroversi Putin Semakin Memanas
  3. Diperiksa Kasus ‘Stupa Jokowi’, Roy Suryo Penuhi Panggilan Polda Metro

Iriana adalah Ibu Negara pertama yang mengunjungi Kyiv di saat negara tersebut masih dalam situasi perang. Hal ini dikatakan oleh Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwiypayana dalam unggahannya di media sosial.

“Setahu saya, Ibu Iriana adalah Ibu Negara pertama yang mengunjungi Kyiv saat situasi perang. Ibu Iriana datang dengan misi kemanusiaan dan perdamaian,” ujarnya.

Sementara itu Iriana dalam kesempatan berbeda saat memberikan bantuan kemanusiaan, memang sempat buka suara. Di mana ia mengaku merinding usai melihat kondisi Ukraina.

“Tadi saya sama bapak sedikit membantu untuk rumah sakit yang korban dari peperangan,” kata Iriana.

Hal tersebut pun membuat dirinya berharap agar perang antara Rusia dan Ukraina dapat segera berakhir. Sehingga tak ada lagi korban jiwa dari perang yang telah berlangsung dalam beberapa bulan terakhir ini.

Continue Reading

Nasional

Hampir Sembuh, Ade Armando Tak Sabar Kembali Berjuang

Published

on

By

Ade Armando

Dosen FISIP Universitas Indonesia (UI) dan juga pegiat media sosial, Ade Armando, menjadi korban pengeroyokan saat demo 11 April 2022 di depan Gedung DPR RI, Senin (11/4/2022). Kini, kondisinya semakin membaik.

Kepada teman-temannya di grup WhatsApp, Ade Armando berharap lekas pulih sepenuhnya dan bisa berjuang lagi. Pesan Armando itu disampaikan Sekjen Pergerakan Indonesia Untuk Semua (PIS) Nong Darol Mahmada, Jumat (22/4/2022).

“Kami tahu kami tidak sendirian. Mudah-mudahan saya bisa segera recovered. Supaya kita bisa berjuang bersama lagi. Maaf enggak bisa panjang-panjang,” kata Ade.

Baca Juga:

  1. Gua Gong, Primadona Pacitan Pemilik Danau dan Ruang Misterius
  2. Taman Nasional Lorentz, Pesona Papua dari Danau di Atas Awan Hingga Rumah Para Satwa
  3. Ikhtiar Revitalisasi Taman Nusa Bali untuk Bangkitkan Pariwisata dari Tidur Panjang

Ade mengaku saat ini sudah bisa kembali membaca dan menonton video. Sejauh ini, dia belum bisa mengikuti seluruh informasi tentang pengeroyokan yang dialaminya.

Akan tetapi, Ade tahu ada dukungan besar yang diberikan kepadanya. Dia lalu mengucapkan terima kasih atas simpati, dukungan dan doa yang selama ini diberikan.

“Izinkan saya menyatakan terima kasih untuk semua simpati, dukungan, doa, solidaritas, bantuan donasi, kiriman makanan lezat dan banyak hal lainnya bagi saya dan keluarga. Itu semua sangat berarti,” kata Ade.

Ade Armando masih dirawat di High Care Unit (HCU) sejak dipindahkan dari Unit Gawat Darurat (UGD) Senin (11/4/2022) lalu.

Ade Armando babak belur dihajar sekelompok orang saat mengikuti demo 11 April 2022 di depan Gedung DPR RI, Senin (11/4/2022).

Melalui video yang beredar di dunia maya, Ade Armando sempat bersitegang dengan seorang ibu-ibu sebelum kejadian. Sang ibu tampak meneriaki Ade Armando dengan berbagai sumpah serapah.

Dalam video lainnya, tampak beberapa massa melakukan provokasi dengan melempar botol minuman. Massa kemudian terprovokasi dan menghajar Ade Armando yang berada di tengah-tengah massa secara membabi buta.

Dalam video itu, Ade juga mencoba melindungi kepala dan badan sambil tersungkur ke tanah ketika dia menerima amukan massa.

Continue Reading

LATEST NEWS

CityView2 minggu ago

Demi Bangun IKN Nusantara, Kementerian PUPR Kirim 25 Orang ke Korsel Belajar Smart City

Kementerian PUPR mengirim 25 orang untuk belajar smart city concept untuk diterapkan di IKN Nusantara ke Korea Selatan. Negara ini...

Kesehatan-Kecantikan3 minggu ago

Asam Jawa, Tanaman Pengundang Makhluk Halus yang Jadi Obat Tradisional Indonesia

Meskipun disebut dengan nama asam Jawa, pohon asam Jawa (Tamarindus indica) aslinya berasal dari benua Afrika. Orang-orang India mengembangkannya karena...

Hangout4 minggu ago

Sudah Ada Sejak Puluhan Tahun, Inilah 6 Tempat Makan Legendaris di Cikini

Cikini terletak di pusat kota Jakarta. Selain menjadi wilayah yang memiliki banyak sejarah, Cikini juga memiliki banyak tempat kuliner. Bahkan...

Traveling4 minggu ago

Pesona Teluk Kabui Raja Ampat yang Punya Gua Hantu Rumah Gurita Raksasa

Membicarakan Kepulauan Raja Ampat nampaknya tidak akan pernah ada habis-habisnya. Pemandangan yang luar biasa, cerita adat masyarakat setempat, bahkan pengalaman-pengalaman...

Properti1 bulan ago

Jadi Buruan Masyarakat Indonesia Selama Pandemi Covid-19, Ini Pengertian Hunian Private Cluster

Berbagai konsep hunian terus dihadirkan khususnya untuk mengantisipasi situasi pandemi. Perumahan mini real estat dengan jumlah unit terbatas lebih mudah...

Lifestyle1 bulan ago

Mengulas Aeroponik, Teknik Bercocok Tanam di Udara yang Cocok untuk Masyarakat Perkotaan Indonesia

Setelah akrab dengan sistem hidroponik, kini muncul sistem tanam aeroponik. Kedua sistem ini sama-sama menggunakan media air. Bedanya, aeroponik menyemprotkan...

Traveling1 bulan ago

Ramah untuk Wisatawan Muslim, Ini 4 Alasan Orang Indonesia Wajib Liburan ke Turki

Tempat wisata ramah muslim memiliki peluang menggiurkan saat ini. Sebab itulah beberapa negara sangat gencar menawarkan wisata jenis ini. Turki...

Pojok1 bulan ago

Tradisi Aji Ugi, Pergumulan Islam & Budaya yang Jadi Kebanggan Orang Bugis

Haji adalah salah satu rukun Islam yang kelima. Umat Islam juga meyakini bahwa haji adalah ibadah yang pahalanya berlipat ganda....

Infrastruktur1 bulan ago

Begini Rumitnya Konstruksi Tol Semarang-Demak, yang Sekaligus Tanggul Laut

Jalan tol Semarang-Demak dibangun dengan konstruksi khusus beberapa lapis di atas laut untuk juga menjadi tanggul laut sebagai antisipasi banjir...

Properti1 bulan ago

Kota Mandiri Terus Bermunculan di Kawasan Penyangga DKI Jakarta

Pengembangan kota mandiri atau township di berbagai wilayah penyangga Jakarta terus berkembang. Beberapa hal yang menjadi pendorong yaitu perkembangan infrastruktur,...

Histori1 bulan ago

Asal-muasal Nama Depok, Tempat Pertapaan Prabu Siliwangi yang Kini Jadi Penyangga Ibu Kota

Selain merupakan Pusat Pemerintahan yang berbatasan langsung dengan Wilayah Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, Kota Depok juga merupakan wilayah penyangga...

Traveling1 bulan ago

Pulau Asu, The Paradise on Earth Asli Indonesia

Pulau Asu adalah pulau terpencil dalam Kepulauan Hinako dan merupakan salah satu pulau terluar Indonesia. Pulau Asu berada di wilayah...

Internasional1 bulan ago

Rusia Dinilai Sudah Menang Lawan Ukraina, Ini Buktinya

Pengamat militer dari lembaga think tank RUSI (Royal United Services Institute) di London, Inggris, Neil Melvin, menilai bahwa Rusia sudah...

Internasional1 bulan ago

Putin Minta Militer Rusia Terus Gempur Ukraina

Usai melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu pada Senin (4/7/2022) waktu setempat, Presiden Rusia Vladimir Putin meminta pasukannya...

Bisnis1 bulan ago

Tinggal Selangkah Lagi Jadi Unicorn, Startup Fesyen Zilingo Kini Terancam Bangkrut

Meskipun dua pendirinya Dhruv Kapoor dan Ankiti Bose memilih berdamai demi menyelamatkan perusahaan, namun, nasi startup fesyen business-to-business Zilingo saat...

Internasional1 bulan ago

Pemerintah Rusia Konfirmasi Zelensky Titip Pesan Khusus ke Putin Lewat Jokowi

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ternyata menitipkan pesan khusus kepada Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), untuk disampaikan ke Presiden...

Properti1 bulan ago

Inilah Standar Rumah Sehat Sesuai SNI

Pandemi Covid-19 yang kita jalani sejak awal tahun 2020 telah mengubah lifestyle hingga konsep rumah. Penerapan rumah yang sehat mutlak...

Infrastruktur1 bulan ago

Mantap, Tol Trans Sumatera Dapat Suntikan Dana Rp2,9 Triliun

BUMN SMI memberikan pinjaman investasi untuk proyek tol Trans Sumatera ruas Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) yang dikerjakan WST senilai Rp2,9...

Nasional1 bulan ago

Beli Minyak Goreng Curah Pakai Aplikasi PeduliLindungi Diperpanjang Hingga 3 Bulan

Pemerintah berupaya untuk menemukan keseimbangan terkait pengendalian minyak goreng dari sisi hulu hingga hilir. Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Bidang...

COVID-19Update1 bulan ago

Korea Utara Sebut Benda Alien di Perbatasan Korsel Sebagai Penyebab Pandemi Covid-19

Korea Utara mengeluarkan pernyataan kontroversial terkait pandemi Covid-19. Mereka menyatakan wabah Covid-19 di negara mereka dimulai dari pasien yang menyentuh...

Internasional1 bulan ago

Serangan Dilakukan Acak, Wanita di AS Ditembak di Kepala saat Dorong Bayi

Sampai kini masih terus terjadi kasus penembakan maut di Amerika Serikat (AS). Bahkan, baru-baru ini kasus tersebut kembali terjadi hingga...

Trending