Connect with us

Nasional

Kembali Diubah Pemerintah, Ini Aturan Mudik Lebaran 2022 Terbaru

Published

on

Ilustrasi Mudik Lebaran

Selama periode mudik Lebaran 2022 atau Idul Fitri 1443 Hijriah yang diperkirakan jatuh awal Mei 2022, pemerintah kembali mengubah kebijakan perjalanan dalam negeri dan luar negeri.

Dalam Addendum SE Satgas No. 16 tentang ketentuan bagi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN), dan Addendum SE Satgas No. 17 tentang Ketentuan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang berlaku efektif sejak 19 April 2022, terkait aturan itu termuat. Hal ini diungkapkan oleh Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito.

Pada jumpa pers pada Selasa (19/4/2022) Wiku mengatakan bahwa, “Dua kebijakan tersebut mengatur beberapa tambahan pengaturan dalam rangka menyambut periode mudik yang sehat dan aman.”

Bagi warga yang akan mudik atau pelaku perjalanan dalam negeri, perubahan aturan terdapat pada ketentuan testing. Untuk anak 6-17 tahun dapat bebas dari wajib testing jika telah divaksin dosis kedua dengan pembuktian kepemilikan sertifikat vaksin Covid-19.

Baca Juga:

  1. Cegah Kemacetan Total, Jokowi Minta Warga Mudik Lebih Cepat
  2. SMSI Dukung Polri dalam Menjamin Keamanan dan Kelancaran Mudik
  3. Tips Mudik Aman Pakai Kendaraan Pribadi

Sementara itu, wajib menunjukkan hasil PCR 3X24 jam jika belum divaksinasi dosis penuh. Sebagaimana yang dijelaskan Wiku yang mengatakan bahwa, “Khusus anak usia 6-17 tahun dapat bebas dari wajib testing jika telah divaksin dosis kedua.”

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam keterangannya di Kantor Presiden, Jakarta pada Senin (18/04/2022) mengatkan bahwa, “Kita memang mensyaratkan booster kalau tidak mau dites antigen atau PCR untuk mudik. Tapi booster ini kan hanya diberikan ke di atas 18 tahun ke atas. Jadi memang ada dinamika. Ini kalau anak-anak di bawah 18 tahun gimana? Mau di-booster juga belum boleh.”

Kemudian dengan syarat pendamping perjalanan telah memenuhi syarat perjalanan sesuai ketentuan, anak usia di bawah 6 tahun tidak diwajibkan untuk tes. Di sisi lain terdapat penambahan pintu masuk negara bagi pelaku perjalanan luar negeri, yaitu Pelabuhan Laut Tarempa di Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau.

Penambahan opsi testing menggunakan Antigen 1×24 jam sebelum keberangkatan khusus PPLN yang datang dari Singapura, telah menetap di Singapura minimal 14 hari, dan telah menerima vaksin dosis kedua atau ketiga melalui pintu masuk Kepulauan Riau menuju Indonesia.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nasional

Hampir Sembuh, Ade Armando Tak Sabar Kembali Berjuang

Published

on

By

Ade Armando

Dosen FISIP Universitas Indonesia (UI) dan juga pegiat media sosial, Ade Armando, menjadi korban pengeroyokan saat demo 11 April 2022 di depan Gedung DPR RI, Senin (11/4/2022). Kini, kondisinya semakin membaik.

Kepada teman-temannya di grup WhatsApp, Ade Armando berharap lekas pulih sepenuhnya dan bisa berjuang lagi. Pesan Armando itu disampaikan Sekjen Pergerakan Indonesia Untuk Semua (PIS) Nong Darol Mahmada, Jumat (22/4/2022).

“Kami tahu kami tidak sendirian. Mudah-mudahan saya bisa segera recovered. Supaya kita bisa berjuang bersama lagi. Maaf enggak bisa panjang-panjang,” kata Ade.

Baca Juga:

  1. Gua Gong, Primadona Pacitan Pemilik Danau dan Ruang Misterius
  2. Taman Nasional Lorentz, Pesona Papua dari Danau di Atas Awan Hingga Rumah Para Satwa
  3. Ikhtiar Revitalisasi Taman Nusa Bali untuk Bangkitkan Pariwisata dari Tidur Panjang

Ade mengaku saat ini sudah bisa kembali membaca dan menonton video. Sejauh ini, dia belum bisa mengikuti seluruh informasi tentang pengeroyokan yang dialaminya.

Akan tetapi, Ade tahu ada dukungan besar yang diberikan kepadanya. Dia lalu mengucapkan terima kasih atas simpati, dukungan dan doa yang selama ini diberikan.

“Izinkan saya menyatakan terima kasih untuk semua simpati, dukungan, doa, solidaritas, bantuan donasi, kiriman makanan lezat dan banyak hal lainnya bagi saya dan keluarga. Itu semua sangat berarti,” kata Ade.

Ade Armando masih dirawat di High Care Unit (HCU) sejak dipindahkan dari Unit Gawat Darurat (UGD) Senin (11/4/2022) lalu.

Ade Armando babak belur dihajar sekelompok orang saat mengikuti demo 11 April 2022 di depan Gedung DPR RI, Senin (11/4/2022).

Melalui video yang beredar di dunia maya, Ade Armando sempat bersitegang dengan seorang ibu-ibu sebelum kejadian. Sang ibu tampak meneriaki Ade Armando dengan berbagai sumpah serapah.

Dalam video lainnya, tampak beberapa massa melakukan provokasi dengan melempar botol minuman. Massa kemudian terprovokasi dan menghajar Ade Armando yang berada di tengah-tengah massa secara membabi buta.

Dalam video itu, Ade juga mencoba melindungi kepala dan badan sambil tersungkur ke tanah ketika dia menerima amukan massa.

Continue Reading

Nasional

Antisipasi Lonjakan Pemudik, Kemenkes Siapkan 13.968 Fasilitas Kesehatan

Published

on

By

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyiapkan 13.968 fasilitas kesehatan

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyiapkan 13.968 fasilitas kesehatan guna mengantisipasi pemudik yang sakit atau memerlukan pertolongan medis secara cepat dan memadai.

Fasilitas kesehatan ini terdiri dari 10.292 puskesmas, 3.034 rumah sakit, 251 public safety canter (PSC), 51 KKP dan 340 Pos Kesehatan.

“Ada 13.968 fasilitas kesehatan di seluruh provinsi sudah kita siapkan untuk melayani masyarakat baik dalam perjalanan mudik maupun di daerah tujuan agar akses dan pelayanan kesehatan semakin kuat,” kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, Siti Nadia Tarmizi.

Baca Juga:

  1. Mocca Gelar Konser Perdana di Metaverse, Tiket Gratis
  2. Keren, Metaverse Gundam Segera Meluncur
  3. Alfamart Jajal Bisnis di Dunia Metaverse

Di 304 pos kesehatan itu, Kemenkes melengkapinya dengan mbulance roda dua dan roda empat. Pos-pos kesehatan itu ditempatkan di berbagai rest area di jalan toll, pintu exit toll, jalur toll, jalur jalan raya non-toll, serta beberapa lokasi wisata.

Nadia menyebut, keberadaan pos kesehatan itu diharapkan dapat meminimalisir risiko kesehatan selama perjalanan mudik Lebaran 2022.

“Adanya pos kesehatan ini diharapkan bisa meminimalisir risiko kesehatan selama perjalanan mudik, supaya mudik sehat, aman dan nyaman,” imbuhnya.

Kemenkes juga mendorong masyarakat yang akan melakukan mudik Lebaran dan telah memenuhi syarat mendapat vaksinasi booster Covid-19 untuk segera divaksinasi. Mobilitas masyarakat yang tinggi saat mudik Lebaran, risiko penularan Covid-19 juga akan meningkat.

Karenanya diperlukan perlindungan tambahan, salah satunya dengan pemberian vaksinasi booster Covid-19. Vaksinasi booster merupakan upaya meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga perjalanan mudik jadi lebih aman, nyaman, dan selamat.

“Lewat vaksinasi kita bisa mencegah risiko terinfeksi Covid-19 maupun dirawat dengan gejala berat ataupun risiko kematian akibat Covid-19. Kami mengimbau masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi Covid-19 lengkap dua dosis yang dilanjutkan dengan booster,” ungkap dr. Nadia.

Continue Reading

Nasional

Begini Rekayasa Ganjil-Genap Mudik Lebaran 2022

Published

on

By

Ilustrasi Mudik Lebaran di Tol Cikampek

Untuk mencegah kemacetan saat mudik Lebaran tahun ini, Ditlantas Polda Metro Jaya pun menyiapkan rekayasa lalu lintas ganjil genap di jalan tol.

Sistem rekayasa lalu lintas di jalan tol tersebut berlangsung ketika diberlakukannya satu arah (one way). Terkait pengendara yang melanggar nantinya, berdasarkan penuturan dari Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyebutkan tidak akan ada sanksi tilang.

Mengutip dari laman NTMC Polri pada Jumat (22/4/2022) Sambodo mengatakan bahwa, “Tak ada tilang, tetapi tetap ada sanksinya. Kendaraan yang tidak sesuai tanggal akan kami keluarkan ke pintu tol terdekat.”

Rekayasa ganjil genap ini akan diterapkan bersamaan dengan skema one way saat mudik Lebaran 2022, yakni mulai dari tanggal 28 April sampai 1 Mei 2022.

Baca Juga:

  1. PT KAI Tambah 92 Rute Perjalanan & Jumlah Tiket untuk Mudik Lebaran 2022
  2. Kembali Diubah Pemerintah, Ini Aturan Mudik Lebaran 2022 Terbaru
  3. Ini 5 Kota Tujuan Mudik Paling Populer di 2022

Berikut jadwal peraturan rekayasa ganjil-genap mudik Lebaran 2022:

  1. Kamis 28 April 2022, KM 47 Tol Jakarta-Cikampek sampai KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung mulai pukul 17.00-24.00 WIB.
  2. Jumat 29 April, KM 47 Tol Jakarta-Cikampek sampai KM 414 gerbang Tol Kalikangkung mulai pukul 07.00-24.00 WIB.
  3. Sabtu 30 April 2022, KM 47 Tol Jakarta-Cikampek sampai KM 414 gerbang Tol Kalikangkung mulai pukul 07.00-24.00 WIB.
  4. Minggu 1 Mei 2022, KM 47 Tol Jakarta-Cikampek sampai KM 414 gerbang Tol Kalikangkung mulai pukul 07.00-12.00 WIB.

Sementara untuk arus Baliknya sendiri diterapkan dari tanggal 6 Mei hingga 8 Mei 2022. Di mana dari gerbang Tol Kalikangkung KM 414 sampai KM 47 Tol Jakarta-Cikampek, yakni dimulai pada pukul 14.00-24.00 WIB.

Continue Reading

LATEST NEWS

Lifestyle20 jam ago

Anak Kecanduan Gadget? Simak 6 Tips Menghentikannya

Saat ini, anak-anak sudah menjadi lebih terbiasa bermain dengan gadget daripada bermain di luar. Mereka kecanduan game mobile, televisi, dan...

CityView1 hari ago

Perkenalkan Bubakan, Kampung Elite Para Tukang Bakso di Wonogiri

Diketahui, karena pidato dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam Rapat Kerja Nasional PDIP Perjuangan pada Selasa (21/6/2022) menyebut kata...

Hangout1 hari ago

Museum PETA, Simbol Penghargaan untuk Pejuang Tanah Air

Museum PETA yang berada di Bogor merupakan destinasi wisata sejarah yang dapat kalian kunjungi untuk mengenang jasa para pahlawan Indonesia....

Bisnis2 hari ago

Mantan Bos Bukalapak Ungkap Penyebab Ramai Perusahaan StartUp Tumbang

Perusahaan startup secara bersamaan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawannya beberapa waktu lalu. Hal itu disebabkan kondisi ekonomi yang...

Teknologi2 hari ago

Mulai 1 Juli 2022, Beli Pertalite Wajib Daftar di Aplikasi Pertamina

Mulai 1 Juli 2022, aplikasi My Pertamina bakal menjadi syarat bagi pembeli untuk mereka dapat membeli bahan bakar minyak (BBM)...

Sosial-Budaya2 hari ago

Melacak Jejak Sirih dan Pinang, Budaya Nginang Masyarakat Indonesia

Tradisi nyirih kini hanya tersisa dalam sebuah masyarakat tradisional, yang notabene sedikit terpapar oleh proyek modernitas atau proses pembaratan secara...

CityView2 hari ago

Fenomena Klitih dan Munculnya Maskulinitas Semu

Fenomena Klitih mengalami pergeseran makna dari sesuatu yang positif menjadi sesuatu yang negatif. Jika dulu klitih dimaknai sebagai cara untuk menghilangkan rasa...

Internasional3 hari ago

Sebar Hoaks Tentang Operasi Militer Spesial ke Ukraina, Rusia Denda Google Rp18 Miliar

Google dikabarkan telah didenda senilai 68 juta rubel atau sekitar Rp 18 miliar oleh pengawas telekomunikasi Rusia, Roskomnadzor. Di mana...

Internasional3 hari ago

Tiba di Jerman, Jokowi & Iriana Dapat Sambutan Meriah

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana beserta rombongan tiba di Munich International Airport, Munich, Jerman,...

Edukasi1 minggu ago

Pandemi dan Era Kenormalan Baru, Ini Sisi Tumpul Pembelajaran Virtual

Sejak 13 Juli 2020 lalu, sekolah memasuki masa aktif tahun ajaran baru 2020/2021. Pada masa pemantauan (transisi) kasus pandemik covid...

Internasional1 minggu ago

Mantan Presiden Rusia: AS Harus Merangkak & Memohon

Pernyataan kontroversial kembali dikeluarkan oleh Mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev. Kali ini ia mengatakan untuk berdiskusi soal pengurangan senjata nuklir,...

Hangout1 minggu ago

Roti Gambang, Disebut Bantalan Rel, Ternyata Terbaik di Dunia

Cityzen punya bayangan yang jelas apa itu roti? Namun, pernahkah Cityzen -terutama anak-anak muda generasi Z- mendengar atau mencicipi roti gambang? Bagi...

Kesehatan-Kecantikan1 minggu ago

Dilegalkan di Thailand, Ini Ragam Efek Ganja bagi Tubuh

Kini ganja telah menjadi barang legal di Thailand. Seusai pelegalan itu, bahkan Bangkok menggelar pameran ganja dan rami 360 derajat...

Properti1 bulan ago

Tahun 2022 Jadi Momentum Kebangkitan Sektor Properti

Perusahaan riset, konsultasi, dan manajemen properti Knight Frank Indonesia menyebut tahun 2022 ini sebagai tahun kebangkitan sektor properti. Berbagai kendala...

Properti1 bulan ago

Ayo Serbu, Ada Rumah Tapak Rasa Apartemen di Tanjung Barat

Berbagai konsep hunian terus dihadirkan kalangan pengembang seiring perubahan tren dan lifestyle masyarakat perkotaan. Konsep hunian rumah tapak dengan desain...

Internasional1 bulan ago

Insiden Penembakan Maut di Sekolah Dasar Texas, 18 Anak & 3 Orang Dewasa Tewas

Para pejabat setempat mengatakan jumlah korban penembakan di sebuah sekolah dasar (SD) (sebelumnya ditulis TK) di South Texas, Amerika Serikat...

Traveling2 bulan ago

Museum Radya Pustaka, Museum Tertua di Solo yang Masih Menyimpan Hadiah Napoleon Bonaparte

Jika Cityzen jalan-jalan ke Kota Solo, boleh mampir sejenak ke museum tertua di Jawa, yakni Museum Radya Pustaka. Museum ini...

Nasional2 bulan ago

Hampir Sembuh, Ade Armando Tak Sabar Kembali Berjuang

Dosen FISIP Universitas Indonesia (UI) dan juga pegiat media sosial, Ade Armando, menjadi korban pengeroyokan saat demo 11 April 2022...

Teknologi2 bulan ago

WhatsApp Rilis 11 Fitur Baru, Begini Cara Pakainya

Pada tahun 2022 ini Whatsapp akan memperkenalkan sejumlah fitur baru yang telah dimilikinya. Berbagai fitur tersebut diciptakan agar dapat meningkatkan...

Internasional2 bulan ago

Mengerikan, Begini Penampakan Kuburan Massal Rusia & Ukraina

Perang antara Rusia dengan Ukraina menyebabkan penderitaan bagi seluruh penduduknya, terutama warga sipil. Pihak Ukraina pun melaporkan di sekitaran ibu...

Nasional2 bulan ago

Antisipasi Lonjakan Pemudik, Kemenkes Siapkan 13.968 Fasilitas Kesehatan

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyiapkan 13.968 fasilitas kesehatan guna mengantisipasi pemudik yang sakit atau memerlukan pertolongan medis secara cepat dan memadai....

Trending