Connect with us

Internasional

Sebar Hoaks Tentang Operasi Militer Spesial ke Ukraina, Rusia Denda Google Rp18 Miliar

Published

on

Rusia Denda Google Rp18 Miliar

Google dikabarkan telah didenda senilai 68 juta rubel atau sekitar Rp 18 miliar oleh pengawas telekomunikasi Rusia, Roskomnadzor.

Di mana pihak Rusia menuding terkait perang di Ukraina, Google sudah membantu menyebarkan informasi yang tidak dapat diandalkan. Selain itu juga mesin pencari itu juga dianggap telah gagal menghapus informasi tidak dapat diandalkan atau hoaks dari platform-nya tersebut.

Kemudian Roskomnadzor pun juga menyebut YouTube turut berkontribusi menyebarkan informasi tidak akurat soal perang di Ukraina. Sehingga membuat tentara Rusia terfitnah dalam hal ini.

Pengawas telekomunikasi menyebutkan YouTube kini menampung lebih dari 7.000 materi mempromosikan yang dianggap ilegal. Di mana termasuk mempromosikan pandangan ekstremis, seruan untuk protes, ketidakpedulian terhadap kehidupan dan kesehatan anak di bawah umur.

Baca Juga:

  1. Tiba di Jerman, Jokowi & Iriana Dapat Sambutan Meriah
  2. Rusia Memotong Pasokan Gas ke Belanda, serta Perusahaan di Denmark dan Jerman
  3. Menteri Energi Wijesekera Minta Maaf, Sri Lanka Bangkrut Kehabisan BBM

Mengutip dari Bleeping Computer pada Senin (27/6/2022) Roskomnadzor mengatakan bahwa, “Google LLC telah berulang kali dibawa ke tanggung jawab administratif atas pelanggaran undang-undang Rusia.”

“Adapun Google telah gagal menghapus informasi yang dilarang. Untuk ini, Google didenda total Rp 18 miliar,” sambung pengawas telekomunikasi Rusia tersebut.

Denda berbasis pendapatan setinggi 10 persen dari omset tahunan Rusia pun berisiko dikenakan Google. Hal tersebut dikarenakan perusahaan akses ke materi yang berisi informasi yang dilarang di Rusia, berulang kali gagal dilakukan oleh perusahaan.

Pada otoritas setempat, Google cabang Rusia dilaporkan telah mengajukan pailit. Di ketahui, informasi ini dari laporan Interfax berdasarkan pengajuan pada pengadilan yang dilakukan perusahaan.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Internasional

Rusia Dinilai Sudah Menang Lawan Ukraina, Ini Buktinya

Published

on

Tentara Rusia

Pengamat militer dari lembaga think tank RUSI (Royal United Services Institute) di London, Inggris, Neil Melvin, menilai bahwa Rusia sudah mengunci kemenangan atas Ukraina.

Keberhasilan Rusia berhasil menguasai kota Lysychansk di Oblast Luhansk, Ukraina bagian Timur, menjadi dasar kuat Melvin menilai Rusia sudah menang.

“Saya pikir ini adalah kemenangan taktis bagi Rusia. Tetapi dengan biaya yang sangat besar,” katanya.

Baca Juga:

  1. Roti Gambang, Disebut Bantalan Rel, Ternyata Terbaik di Dunia
  2. Sate Bulayak, Sate Sedap Khas Lombok yang Sarat Nilai Filosofis
  3. Lontong Roomo, Makanan Nikmat Khas Gresik yang Lahir di Era Sunan Giri

Ia membandingkan pertempuran itu dengan pertempuran besar untuk di Perang Dunia 1 yang ciri-cirinya merebut area teritorial. “Nilai strategis” dari kota-kota yang direbut Rusia sendiri tak banyak alias amat terbatas.

“Ini (Rusia) membutuhkan waktu 60 hari untuk membuat kemajuan yang sangat lambat,” katanya.

“Saya pikir Rusia mungkin menyatakan semacam kemenangan, tetapi pertempuran perang kunci masih belum datang.”

Hal sama juga dikatakan analis dari Institut Penelitian Kebijakan Luar Negeri yang berbasis di Amerika Serikat (S) Rob Lee. Karenanya, tegasnya, garis pertahanan Ukraina yang lain harus dikuatkan daripada kantong di provinsi Luhansk yang menyerah.

“Itu adalah sesuatu yang bisa ditunjukkan Putin sebagai tanda kesuksesan (di perang Ukraina),” katanya mengarah ke kemenangan Rusia.

“Tapi secara keseluruhan, ini tidak berarti Ukraina harus menyerah atau menyerah dalam waktu dekat,” tegas dia.

Continue Reading

Internasional

Putin Minta Militer Rusia Terus Gempur Ukraina

Published

on

Presiden Rusia Vladimir Putin

Usai melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu pada Senin (4/7/2022) waktu setempat, Presiden Rusia Vladimir Putin meminta pasukannya terus melakukan serangan ke Ukraina.

Seperti dinukil dari Reuters, Selasa (5/7/2022), Shoigu diketahui melaporkan kepada Putin bahwa militer Kremlin mampu merebut kota strategis Lysychansk, di Luhansk Oblast dari pasukan Kyiv.

Sebagai tanda bahwa pertempuran tidak akan berhenti dan bahwa Rusia sekarang mengawasi seluruh wilayah Donetsk, Putin mengatakan kepada Shoigu bahwa pasukan yang ditempatkan di sana harus melanjutkan operasi mereka.

Baca Juga:

  1. Roti Gambang, Disebut Bantalan Rel, Ternyata Terbaik di Dunia
  2. Sate Bulayak, Sate Sedap Khas Lombok yang Sarat Nilai Filosofis
  3. Lontong Roomo, Makanan Nikmat Khas Gresik yang Lahir di Era Sunan Giri

“Unit militer, termasuk kelompok Timur dan kelompok Barat, harus melaksanakan tugas mereka sesuai dengan rencana yang telah disetujui sebelumnya,” katanya.

“Saya berharap semuanya akan berlanjut ke arah mereka seperti yang terjadi di Lugansk sejauh ini.”

Ukraina sendiri mengakui menarik pasukan dari Lysychansk, Minggu. Kyiv mengaku melakukan ini untuk menyelamatkan nyawa pasukannya yang kalah jumlah dan persenjataannya dari pasukan Rusia.

“Musuh terus meneror daerah perbatasan wilayah Sumy, kota Kharkiv dan wilayah (Donbas),” kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam pidato malamnya, menggambarkan serangan intensif Rusia.

Continue Reading

Internasional

Pemerintah Rusia Konfirmasi Zelensky Titip Pesan Khusus ke Putin Lewat Jokowi

Published

on

Juru Bicara Pemerintah Rusia Dmitry Peskov.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ternyata menitipkan pesan khusus kepada Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), untuk disampaikan ke Presiden Rusia, Vladimir Putin. Kabar tersebut dikonfirmasi oleh Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov.

Seperti dinukil dari Kantor Berita Rusia TASS, Senin (4/7/2022), Peskov kepada wartawan tak menjelaskan lebih lanjut dari pesan tak tertulis Zelensky itu.

“Itu bukan sebuah pesan tertulis. Hanya itu yang bisa saya katakan kepada Anda,” ujarnya.

Baca Juga:

  1. Begini Upaya Pemerintah Atasi PMK pada Hewan Ternak Jelang Idul Adha
  2. 5 Tradisi Unik Idul Adha di Indonesia
  3. 5 Cara Menenangkan Hati yang Gelisah Menurut Islam

Sehari sebelumnya, Jokowi melakukan kunjungan kenegaraan ke Rusia setelah dari Ukraina. Dalam kunjungan kenegaraan ke Negara Beruang Merah itu, Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Putin dan melakukan konferensi pers bersama setelahnya.

Jokowi mengklaim dirinya telah menyampaikan pesan dari Zelensky kepada Putin dalam pertemuan bilateral tersebut. Jokowi juga menyampaikan niat untuk membantu dialog antara pemimpin Rusia dan Ukraina.

Sebelumnya, Juru Bicara Zelensky, Sergey Nikiforov, mengatakan bila pemimpinnya ingin mengirim pesan kepada Putin tak perlu perantara, karena bisa dilakukan secara langsung lewat pidato publik.

Continue Reading

LATEST NEWS

CityView2 minggu ago

Demi Bangun IKN Nusantara, Kementerian PUPR Kirim 25 Orang ke Korsel Belajar Smart City

Kementerian PUPR mengirim 25 orang untuk belajar smart city concept untuk diterapkan di IKN Nusantara ke Korea Selatan. Negara ini...

Kesehatan-Kecantikan3 minggu ago

Asam Jawa, Tanaman Pengundang Makhluk Halus yang Jadi Obat Tradisional Indonesia

Meskipun disebut dengan nama asam Jawa, pohon asam Jawa (Tamarindus indica) aslinya berasal dari benua Afrika. Orang-orang India mengembangkannya karena...

Hangout4 minggu ago

Sudah Ada Sejak Puluhan Tahun, Inilah 6 Tempat Makan Legendaris di Cikini

Cikini terletak di pusat kota Jakarta. Selain menjadi wilayah yang memiliki banyak sejarah, Cikini juga memiliki banyak tempat kuliner. Bahkan...

Traveling4 minggu ago

Pesona Teluk Kabui Raja Ampat yang Punya Gua Hantu Rumah Gurita Raksasa

Membicarakan Kepulauan Raja Ampat nampaknya tidak akan pernah ada habis-habisnya. Pemandangan yang luar biasa, cerita adat masyarakat setempat, bahkan pengalaman-pengalaman...

Properti1 bulan ago

Jadi Buruan Masyarakat Indonesia Selama Pandemi Covid-19, Ini Pengertian Hunian Private Cluster

Berbagai konsep hunian terus dihadirkan khususnya untuk mengantisipasi situasi pandemi. Perumahan mini real estat dengan jumlah unit terbatas lebih mudah...

Lifestyle1 bulan ago

Mengulas Aeroponik, Teknik Bercocok Tanam di Udara yang Cocok untuk Masyarakat Perkotaan Indonesia

Setelah akrab dengan sistem hidroponik, kini muncul sistem tanam aeroponik. Kedua sistem ini sama-sama menggunakan media air. Bedanya, aeroponik menyemprotkan...

Traveling1 bulan ago

Ramah untuk Wisatawan Muslim, Ini 4 Alasan Orang Indonesia Wajib Liburan ke Turki

Tempat wisata ramah muslim memiliki peluang menggiurkan saat ini. Sebab itulah beberapa negara sangat gencar menawarkan wisata jenis ini. Turki...

Pojok1 bulan ago

Tradisi Aji Ugi, Pergumulan Islam & Budaya yang Jadi Kebanggan Orang Bugis

Haji adalah salah satu rukun Islam yang kelima. Umat Islam juga meyakini bahwa haji adalah ibadah yang pahalanya berlipat ganda....

Infrastruktur1 bulan ago

Begini Rumitnya Konstruksi Tol Semarang-Demak, yang Sekaligus Tanggul Laut

Jalan tol Semarang-Demak dibangun dengan konstruksi khusus beberapa lapis di atas laut untuk juga menjadi tanggul laut sebagai antisipasi banjir...

Properti1 bulan ago

Kota Mandiri Terus Bermunculan di Kawasan Penyangga DKI Jakarta

Pengembangan kota mandiri atau township di berbagai wilayah penyangga Jakarta terus berkembang. Beberapa hal yang menjadi pendorong yaitu perkembangan infrastruktur,...

Histori1 bulan ago

Asal-muasal Nama Depok, Tempat Pertapaan Prabu Siliwangi yang Kini Jadi Penyangga Ibu Kota

Selain merupakan Pusat Pemerintahan yang berbatasan langsung dengan Wilayah Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, Kota Depok juga merupakan wilayah penyangga...

Traveling1 bulan ago

Pulau Asu, The Paradise on Earth Asli Indonesia

Pulau Asu adalah pulau terpencil dalam Kepulauan Hinako dan merupakan salah satu pulau terluar Indonesia. Pulau Asu berada di wilayah...

Internasional1 bulan ago

Rusia Dinilai Sudah Menang Lawan Ukraina, Ini Buktinya

Pengamat militer dari lembaga think tank RUSI (Royal United Services Institute) di London, Inggris, Neil Melvin, menilai bahwa Rusia sudah...

Internasional1 bulan ago

Putin Minta Militer Rusia Terus Gempur Ukraina

Usai melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu pada Senin (4/7/2022) waktu setempat, Presiden Rusia Vladimir Putin meminta pasukannya...

Bisnis1 bulan ago

Tinggal Selangkah Lagi Jadi Unicorn, Startup Fesyen Zilingo Kini Terancam Bangkrut

Meskipun dua pendirinya Dhruv Kapoor dan Ankiti Bose memilih berdamai demi menyelamatkan perusahaan, namun, nasi startup fesyen business-to-business Zilingo saat...

Internasional1 bulan ago

Pemerintah Rusia Konfirmasi Zelensky Titip Pesan Khusus ke Putin Lewat Jokowi

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ternyata menitipkan pesan khusus kepada Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), untuk disampaikan ke Presiden...

Properti1 bulan ago

Inilah Standar Rumah Sehat Sesuai SNI

Pandemi Covid-19 yang kita jalani sejak awal tahun 2020 telah mengubah lifestyle hingga konsep rumah. Penerapan rumah yang sehat mutlak...

Infrastruktur1 bulan ago

Mantap, Tol Trans Sumatera Dapat Suntikan Dana Rp2,9 Triliun

BUMN SMI memberikan pinjaman investasi untuk proyek tol Trans Sumatera ruas Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) yang dikerjakan WST senilai Rp2,9...

Nasional1 bulan ago

Beli Minyak Goreng Curah Pakai Aplikasi PeduliLindungi Diperpanjang Hingga 3 Bulan

Pemerintah berupaya untuk menemukan keseimbangan terkait pengendalian minyak goreng dari sisi hulu hingga hilir. Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Bidang...

COVID-19Update1 bulan ago

Korea Utara Sebut Benda Alien di Perbatasan Korsel Sebagai Penyebab Pandemi Covid-19

Korea Utara mengeluarkan pernyataan kontroversial terkait pandemi Covid-19. Mereka menyatakan wabah Covid-19 di negara mereka dimulai dari pasien yang menyentuh...

Internasional1 bulan ago

Serangan Dilakukan Acak, Wanita di AS Ditembak di Kepala saat Dorong Bayi

Sampai kini masih terus terjadi kasus penembakan maut di Amerika Serikat (AS). Bahkan, baru-baru ini kasus tersebut kembali terjadi hingga...

Trending