Connect with us

Bisnis

Mantan Bos Bukalapak Ungkap Penyebab Ramai Perusahaan StartUp Tumbang

Published

on

Ilustrasi startup

Perusahaan startup secara bersamaan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawannya beberapa waktu lalu. Hal itu disebabkan kondisi ekonomi yang membuat perusahaan rintisan harus melakukan efisiensi.

Menanggapi hal itu, Founder Achmad Zaky Foundation sekaligus eks CEO Bukalapak, Achmad Zaky, mengungkapkan banyak perusahaan startup tidak mampu bertahan di tengah badai krisis yang menerpa akibat tidak menciptakan budaya perusahaan, serta kurang disiplin dalam manajemen keuangan.

“Banyak perusahaan itu enggak kuat atau kurang bisa survive di saat-saat krisis, karena mungkin mereka tidak membangun suatu kultur atau mereka juga terlalu kurang disiplin, mungkin ya terhadap keuangan dan eksekusi,” ungkap Achmad Zaky dalam konferensi pers kerja sama Powerbrain dan Achmad Zaky Foundation, Selasa (28/6/2022).

Baca Juga:

  1. 5 Gunung Unik di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi
  2. Pesona Desa Hilisimaetano Nias, Salah Satu Desa Wisata Terindah di Indonesia
  3. Pesona Telaga Cicerem, Airnya Berwarna Biru

Ia mengatakan startup terkenal dengan istilah bakar duit. Namun, bakar duit sendiri terdiri dari dua jenis.

Pertama, bakar duit yang tak menghasilkan apapun. Kedua, bakar duit untuk menjaring pengguna.

“Manajemen yang baik bisa mengukur, investasi (bakar duit ini) hasilnya apa,” imbuh Zaky.

Menurut dia, kesuksesan startup bukan bergantung dari sektor usaha apa yang dijalankan, melainkan bagaimana manajemen menata perusahaan dengan baik.

“Semua sektor (tahan krisis), tapi fokus harus pada manajemen. Manajemen ini berkontribusi besar. Kalau manajemen bagus, disiplin, maka akan survive di era manapun,” jelas Zaky.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bisnis

Tinggal Selangkah Lagi Jadi Unicorn, Startup Fesyen Zilingo Kini Terancam Bangkrut

Published

on

CEO Zilingo Dhruv Kapoor

Meskipun dua pendirinya Dhruv Kapoor dan Ankiti Bose memilih berdamai demi menyelamatkan perusahaan, namun, nasi startup fesyen business-to-business Zilingo saat ini berada di ujung tanduk.

Seperti dinukil dari CNN International, Selasa (5/7/2022), pertemuan dewan direksi Zilingo sejatinya dilakukan pada pertengahan bulan lalu. Namun, poin kunci termasuk potensi likuidasi perusahaan dan tawaran buyout dari Kapoor, diputuskan untuk diundur.

Dewan direksi Zilingo dikabarkan sepakat untuk mendiskusikan tawaran buyout oleh manajemen. Namun, keputusan baru bisa diambil paling cepat pada Rabu (22/7/2022).

Baca Juga:

  1. Roti Gambang, Disebut Bantalan Rel, Ternyata Terbaik di Dunia
  2. Sate Bulayak, Sate Sedap Khas Lombok yang Sarat Nilai Filosofis
  3. Lontong Roomo, Makanan Nikmat Khas Gresik yang Lahir di Era Sunan Giri

Tawaran pembelian perusahaan oleh manajemen, termasuk komitmen dari investor yang namanya tidak diungkapkan, untuk menyuntikkan US$8 juta ke perusahaan secara bertahap.

Proposal yang diajukan juga menyinggung rencana untuk melikuidasi entitas perusahaan yang berada di balik Zilingo saat ini serta pembentukan perusahaan baru bernama NewCo, yang akan mengambil alih seluruh unit bisnis Zilingo.

Zilingo adalah salah satu startup dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara. Perusahaan ini menyediakan dukungan infrastruktur dan rantai pasok untuk produsen fesyen regional.

Namun, permasalahan internal membuat Zilingo goncang hingga berujung dengan dipecatnya Bose dari posisi CEO olah dewan direksi perusahaan.

Continue Reading

Bisnis

Mengenal Defend ID, BUMN yang Baru Diresmikan Jokowi untuk Bangun Ekosistem Pertahanan Kuat & Modern

Published

on

By

Defend ID
Defend ID

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), meluncurkan Holding dan Program Strategis Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Industri Pertahanan yang dinamakan Defence Industry Indonesia atau disingkat Defend ID di PT PAL Indonesia (Persero), Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Rabu (20/04/2022) siang.

Dalam sambutannya, Presiden menekankan bahwa Indonesia harus segera membangun kemandirian sekaligus mendorong industri pertahanan dalam negeri agar sepenuhnya siap memasuki era persaingan baru dan mampu memenuhi kebutuhan pertahanan pokok untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kemandirian industri pertahanan harus kita wujudkan bersama-sama, tidak bisa sendiri-sendiri, tidak bisa parsial, enggak bisa. Kita harus perkuat industrinya, kita juga harus bangun ekosistemnya agar tumbuh dan berkembang semakin maju,” tegasnya.

Baca Juga:

  1. Pasar Bolu, Pasar Kerbau Terbesar di Dunia
  2. Bukan Hanya Soto, Ini 5 Destinasi Wisata Cantik di Lamongan
  3. Pantai Papuma, Mahkota Terindah dari Jember

Oleh karena itu, Kepala Negara pun mengapresiasi langkah konsolidasi dan pembentukan perusahaan induk atau holding BUMN industri pertahanan Defend ID yang sudah lama dinantikan ini.

“Sudah lama ini saya tunggu-tunggu dan saya kejar-kejar terus agar BUMN industri pertahanan kita jauh lebih terkonsolidasi, ekosistemnya semakin kuat, mampu bersaing secara sehat dan menguntungkan. Dan, ini saya catat janjinya, janji ini saya catat, Defend ID akan menjadi TOP50 perusahaan pertahanan dunia,” ujar Presiden.

Tak hanya itu, Presiden juga mengingatkan Defend ID untuk terus mendorong peningkatan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) dan menurunkan impor alat pertahanan dan keamanan (alpalhankam).

“Saya minta agar TKDN produk-produk pertahanan unggulan terus ditingkatkan dari angka yang telah dicapai saat ini yaitu 41 persen, agar bisa terus naik dan meningkat, dan nanti pada akhirnya 100 persen. Kita harus bergerak cepat, lincah, dan juga jeli melihat peluang, proaktif menjawab peluang agar bisa menjadi bagian dari rantai pasok global. Ini penting sekali, dengan tetap mengutamakan pemenuhan kebutuhan di dalam negeri,” tegasnya.

Lebih lanjut, Presiden menekankan bahwa peluncuran holding dan program strategis BUMN industri pertahanan ini harus dijadikan lompatan untuk bertransformasi membangun ekosistem industri pertahanan yang kuat dan modern.

“Membentuk BUMN industri pertahanan yang kuat dan mandiri, yang mampu bersaing dan menguasai pasar di dalam negeri utamanya, dan diperhitungkan di pasar internasional atau pasar global,” imbuhnya.

BUMN industri pertahanan ini, lanjut Presiden, akan menjadi ujung tombak kemandirian industri pertahanan Indonesia. Oleh karena itu, Presiden menekankan pentingnya penguasahaan teknologi dan manufaktur komponen terkini berbasis dual-use technology dengan membangun global partnership seluas-luasnya dengan pihak manapun yang mau transfer teknologi.

“Semuanya ajak, tetapi tetap mayoritas kita, agar juga pasar kita bisa lebih membesar. Terus berinovasi mencari cara dan mencari terobosan, baik itu terobosan di bidang SDM (sumber daya manusia), di bidang bahan baku, bidang produk, proses bisnis dan operasionalnya, semuanya. Semuanya harus excellent, yang terbaik,” tandasnya.

Menurut laman resminya, Defence Industry Indonesia, juga dikenal sebagai DEFEND ID adalah grup dari 5 Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang mengkhususkan diri dalam: Platform Udara (Dirgantara Indonesia), Platform Darat, Alat Berat, Senjata & Munisi (Pindad), Platform Laut, Pembuatan Kapal (PAL Indonesia). ), Sistem Elektronik (Len Industri), Bahan Berenergi Tinggi (Dahana).

Mereka memiliki misi membangun kolaborasi inovasi nasional, membangun kemandirian teknologi dan meningkatkan daya saing perusahaan, menjadi bagian dari rantai pasokan global dengan mengembangkan kemitraan strategis global, dan berfungsi sebagai kekuatan pendorong utama untuk pengembangan ekosistem industri dalam negeri.

Continue Reading

Bisnis

Ayo Coba, Ini 6 Tips Ampuh untuk Minta Kenaikan Gaji

Published

on

By

Ilustrasi meminta kenaikan gaji

Jika kamu yakin telah melakukan pekerjaan yang luar biasa dan layak mendapatkan kompensasi yang lebih baik, ada beberapa langkah berani yang harus ditempuh sebelum berjalan ke ruangan atasan dan meminta kenaikan gaji.

Wajar saja jika Anda butuh pendapatan yang lebih besar yang sesuai juga dengan beban pekerjaan. Namun, apakah etis jika Anda minta naik gaji kepada atasan?

Selama Anda menyampaikan permohonan tersebut dengan baik dan punya alasan kuat, maka sah-sah saja jika Anda mengajukan kenaikan gaji pada atasan.

Baca Juga:

  1. Memburu Bunga di Pasar Bunga Rawa Belong
  2. Mengintip Pasar Senen, Surganya Pakaian Vintage di Jakarta
  3. Pernik Klenik di Kampung Pasar Akik


Ingat, gaji adalah salah satu bentuk penghargaan perusahaan atas apa yang sudah Anda kerjakan secara profesional. Meskipun, bisa saja permintaan itu ditolak. Tak apa, namanya juga usaha.

Berikut MyCity telah merangkum cara paling ampuh untuk meminta kenaikan gaji.

Cari Tahu Harga Jual Kamu

Founder The Dots Pip Jamieson mengatakan, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu rata-rata gaji untuk profesimu. Tidak perlu pusing. Kamu cukup googling saja untuk mengetahuinya.

Kalau ingin tahu nominal yang lebih tepat, kamu bisa juga bertanya ke rekan kerja yang memiliki posisi setara atau lebih tinggi dari kamu. Selain itu, kamu bisa menggali informasi dari perusahaan kompetitor.

Coba kunjungi laman payscale.com dan salaryexplorer.com sebagai sumber terpercaya yang memberikan rincian gaji bedasarkan posisi serta pengalaman.

Kamu bisa menjadikan referensi mengenai gaji tersebut sebagai referensi ketika mengajukan kenaikan gaji kepada perusahaan tempatmu bekerja.

Buat janji dengan atasan

Kemungkinannya atasan akan berkata, “Tidak,” kalau kamu tiba-tiba datang ke ruangannya dan minta kenaikan gaji. Jadi, Sally Bibb, penulis The Strengths Book:

Discover How to Be Fulfilled in Your Work menyarankan karyawan untuk membuat janji dengan atasan terlebih dahulu. Kamu bisa mengirimkan email untuk meminta waktu berdiskusi dengan atasan. Dengan begitu, atasan kamu tidak akan kaget dengan permintaan kamu kelak.

Cari waktu yang pas

Pintar memilih waktu yang tepat meminta kenaikan gaji adalah kuncinya. Pelajari kebiasan yang berlangsung di perusahaan tempatmu bekerja.

Misalnya, waktu pemberian kenaikan gaji karyawan. Jangan ragu melangkah setiap kali kamu melihat kesempatan baik. Kamu bisa mencoba langkah ini.

Jika atasanmu terlihat gelisah karena ada karyawan yang resign, tak ada salahnya untuk mengajukan permohonan kenaikan gaji. Bisa saja perusahaan mengabulkan permintaanmu karena tidak ingin kehilangan karyawan lagi.

Lakukan negosiasi tatap muka

Sebaiknya, kamu mempertimbangkan lagi opsi untuk meminta kenaikan gaji via email. CEO OgilvyOne dari Inggris, Jo Coombs pun tidak menyarankan pilihan tersebut.

Memang, berbicara mengenai gaji dengan atasan bukanlah perkara mudah. Namun Coombs pun lebih menghormati karyawannya yang memilih berbicara langsung kepadanya untuk meminta kenaikan gaji, dibanding mengajukannya lewat email.

Jangan menunggu terlalu lama

Sebenarnya, agak terlambat kalau kamu baru meminta kenaikan gaji saat review tahunan. Lebih baik, ajukan permohonan beberapa bulan sebelumnya. Sehingga, pada saat review tahunan, atasan bisa menentukan kenaikan gajimu di masa depan.

Usulkan kisaran gaji

Berdasarkan sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh peneliti Columbia Business School, Daniel Ames dan Malia Mason tentang metode negosiasi, ada istilah tandem anchoring.

Artinya, kamu sebaiknya mengajukan kisaran minimal dan maksimal kenaikan gaji. Angka terendah yang menjadi target harapan gajimu. Sementara itu, angka tertinggi merupakan target maksimal gajimu.

Continue Reading

LATEST NEWS

CityView2 minggu ago

Demi Bangun IKN Nusantara, Kementerian PUPR Kirim 25 Orang ke Korsel Belajar Smart City

Kementerian PUPR mengirim 25 orang untuk belajar smart city concept untuk diterapkan di IKN Nusantara ke Korea Selatan. Negara ini...

Kesehatan-Kecantikan3 minggu ago

Asam Jawa, Tanaman Pengundang Makhluk Halus yang Jadi Obat Tradisional Indonesia

Meskipun disebut dengan nama asam Jawa, pohon asam Jawa (Tamarindus indica) aslinya berasal dari benua Afrika. Orang-orang India mengembangkannya karena...

Hangout4 minggu ago

Sudah Ada Sejak Puluhan Tahun, Inilah 6 Tempat Makan Legendaris di Cikini

Cikini terletak di pusat kota Jakarta. Selain menjadi wilayah yang memiliki banyak sejarah, Cikini juga memiliki banyak tempat kuliner. Bahkan...

Traveling4 minggu ago

Pesona Teluk Kabui Raja Ampat yang Punya Gua Hantu Rumah Gurita Raksasa

Membicarakan Kepulauan Raja Ampat nampaknya tidak akan pernah ada habis-habisnya. Pemandangan yang luar biasa, cerita adat masyarakat setempat, bahkan pengalaman-pengalaman...

Properti1 bulan ago

Jadi Buruan Masyarakat Indonesia Selama Pandemi Covid-19, Ini Pengertian Hunian Private Cluster

Berbagai konsep hunian terus dihadirkan khususnya untuk mengantisipasi situasi pandemi. Perumahan mini real estat dengan jumlah unit terbatas lebih mudah...

Lifestyle1 bulan ago

Mengulas Aeroponik, Teknik Bercocok Tanam di Udara yang Cocok untuk Masyarakat Perkotaan Indonesia

Setelah akrab dengan sistem hidroponik, kini muncul sistem tanam aeroponik. Kedua sistem ini sama-sama menggunakan media air. Bedanya, aeroponik menyemprotkan...

Traveling1 bulan ago

Ramah untuk Wisatawan Muslim, Ini 4 Alasan Orang Indonesia Wajib Liburan ke Turki

Tempat wisata ramah muslim memiliki peluang menggiurkan saat ini. Sebab itulah beberapa negara sangat gencar menawarkan wisata jenis ini. Turki...

Pojok1 bulan ago

Tradisi Aji Ugi, Pergumulan Islam & Budaya yang Jadi Kebanggan Orang Bugis

Haji adalah salah satu rukun Islam yang kelima. Umat Islam juga meyakini bahwa haji adalah ibadah yang pahalanya berlipat ganda....

Infrastruktur1 bulan ago

Begini Rumitnya Konstruksi Tol Semarang-Demak, yang Sekaligus Tanggul Laut

Jalan tol Semarang-Demak dibangun dengan konstruksi khusus beberapa lapis di atas laut untuk juga menjadi tanggul laut sebagai antisipasi banjir...

Properti1 bulan ago

Kota Mandiri Terus Bermunculan di Kawasan Penyangga DKI Jakarta

Pengembangan kota mandiri atau township di berbagai wilayah penyangga Jakarta terus berkembang. Beberapa hal yang menjadi pendorong yaitu perkembangan infrastruktur,...

Histori1 bulan ago

Asal-muasal Nama Depok, Tempat Pertapaan Prabu Siliwangi yang Kini Jadi Penyangga Ibu Kota

Selain merupakan Pusat Pemerintahan yang berbatasan langsung dengan Wilayah Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, Kota Depok juga merupakan wilayah penyangga...

Traveling1 bulan ago

Pulau Asu, The Paradise on Earth Asli Indonesia

Pulau Asu adalah pulau terpencil dalam Kepulauan Hinako dan merupakan salah satu pulau terluar Indonesia. Pulau Asu berada di wilayah...

Internasional1 bulan ago

Rusia Dinilai Sudah Menang Lawan Ukraina, Ini Buktinya

Pengamat militer dari lembaga think tank RUSI (Royal United Services Institute) di London, Inggris, Neil Melvin, menilai bahwa Rusia sudah...

Internasional1 bulan ago

Putin Minta Militer Rusia Terus Gempur Ukraina

Usai melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu pada Senin (4/7/2022) waktu setempat, Presiden Rusia Vladimir Putin meminta pasukannya...

Bisnis1 bulan ago

Tinggal Selangkah Lagi Jadi Unicorn, Startup Fesyen Zilingo Kini Terancam Bangkrut

Meskipun dua pendirinya Dhruv Kapoor dan Ankiti Bose memilih berdamai demi menyelamatkan perusahaan, namun, nasi startup fesyen business-to-business Zilingo saat...

Internasional1 bulan ago

Pemerintah Rusia Konfirmasi Zelensky Titip Pesan Khusus ke Putin Lewat Jokowi

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ternyata menitipkan pesan khusus kepada Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), untuk disampaikan ke Presiden...

Properti1 bulan ago

Inilah Standar Rumah Sehat Sesuai SNI

Pandemi Covid-19 yang kita jalani sejak awal tahun 2020 telah mengubah lifestyle hingga konsep rumah. Penerapan rumah yang sehat mutlak...

Infrastruktur1 bulan ago

Mantap, Tol Trans Sumatera Dapat Suntikan Dana Rp2,9 Triliun

BUMN SMI memberikan pinjaman investasi untuk proyek tol Trans Sumatera ruas Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) yang dikerjakan WST senilai Rp2,9...

Nasional1 bulan ago

Beli Minyak Goreng Curah Pakai Aplikasi PeduliLindungi Diperpanjang Hingga 3 Bulan

Pemerintah berupaya untuk menemukan keseimbangan terkait pengendalian minyak goreng dari sisi hulu hingga hilir. Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Bidang...

COVID-19Update1 bulan ago

Korea Utara Sebut Benda Alien di Perbatasan Korsel Sebagai Penyebab Pandemi Covid-19

Korea Utara mengeluarkan pernyataan kontroversial terkait pandemi Covid-19. Mereka menyatakan wabah Covid-19 di negara mereka dimulai dari pasien yang menyentuh...

Internasional1 bulan ago

Serangan Dilakukan Acak, Wanita di AS Ditembak di Kepala saat Dorong Bayi

Sampai kini masih terus terjadi kasus penembakan maut di Amerika Serikat (AS). Bahkan, baru-baru ini kasus tersebut kembali terjadi hingga...

Trending